BLOG.MAKMALF

Words are breathing

Wednesday, 30 December 2009

Membuat Efek Foto Sobek dengan Photoshop

Untuk kali ini,, kita coba bikin efek sobek pada foto..
Ga usah banyak cuap cuap lagi dah..












Ehhh,, foto diatas berbingkai,, anggap za bingkainya ga ada yuaa...hehehe. . .
Sebelumnya,, aku pake Versi CS4,, jadi kalo ada yang dikt beda haraf maklum lah . . :)




1.        Buka foto yang akan diedit, klik Menu File > Open..(Di sini saya pake foto tunangan saya . .hehe).
2.        Tekan CTRL + J untuk menduplikasi layer, sehingga akan muncul layer baru yang bernama “Layer 1”.
3.        Kalo udah,, double klik di layer “Background” ,, langsung aza klik OK,, (maka akan ganti nama jadi Layer 0)..kemudian klik Menu Edit > Fill , dan sesuaikan pengisian Dialog Box-nya seperti gambar:
Pilih warna putih yaa . .
4.        Tampilan layer-nya akan jadi gini dehh . .
5.        Klik atau pindahin kursor ke layer 2 (Tanda biru ntar ada di layer 2), kemudian klik Polygonal Lasso Tool, and then seleksi foto seperti pada gambar:
6.        Dengan layer dua masih terseleksi, Tekan CTRL + X, klik menu Layer > New > Layer, dan terakhir tekan CTRL + V. Kalo langkahnya bener, foto yang uda di seleksi akan terpotong. (Fotongan foto harus muncul di Layer 3 yaa)




                                                                                                                  7.   Klik Move Tool (tekan tombol V), kemudian drag         pecahan foto tersebut ke tempat asalnya. (layer 3 masi berwarna biru yaaa..).
8.        Sampe disini,, bisa ga?? Hehe . .lanjut ah..
9.        Ulangi langkah 5 sampe 7,, seleksi Polygonal Lasso Tool di bagian-bagian foto yang lain yang ada di layer 2 (Layer 2 di klik dulu sebelum nyeleksi nya yaaa…) sesuai kreatifitas kamu yua…mungkin kerjaan aku mah kaya gini nih ..


10.    Ga jauh beda kan?? Selanjutnya….
11.    Double klik salah satu layer potongan Foto,,kalo aku layer 3 dulu..Kemudian akan muncul kotak “Layer Style”.
12.    Pada kotak blending options ,, pilih Efek Stroke, untuk yang lainnya bisa disesuaikan seperti dalam gambar..
Untuk warna strokenya pilih warna putih ya,, atau warna yang sama dengan warna layer backgroundnya. Untuk size sesuain za dengan foto yang kamu edit..
13.    Klik kanan di layer yang barusan kamu beri efek, dan klik Copy Layer Style. Kemudian klik kanan + Paste di Layer-layer yang lainnya.. kalo langkahnya bener,, gambar akan kaya gini nih..
14.    Klik salah satu layer potongan (layer yang paling atas za deh..) kemudian sambil nahan tombol shift, klik layer yang di atas layer background..semua Layer akan berwarna biru tapi layer background mah nggak . .
15.    Masih terseleksi semua ya..tekan CTRL + T.. dan sambil menahan tombol Shift + Alt, perkecil gambar seperti gambar di bawah..



16.    Klik deh salah satu layer potongan (Layer 3 dulu ya..)..
17.    Tekan CTRL + T, putar2 deh gambar potongan tersebut..sesuain sama kreatifitas kamu aza deh . .
18.    Pada layer yang lainnya kerjain langkah 17 juga ya..
Punya aku kaya gini nih jadinya …
19.    Double klik salah satu layer potongan,, kemudian pada layer style beri efek Drop Shadow..(Di kotak dialognya pake kreatifitas masing2 za lah . . J)kemudian copy-in lagi ke layer-layer lainnya.. caranya persis kaya bikin Efek Stroke deh. .
20.    Hasilnya akan jadi kaya gini . ..
Gimanaaa ??? gampang kan???
Selamat mencoba yuaaa. . .
Model By. Ita Juita 


6 comments:

  1. johannessmansa@yahoo.com15 May 2010 at 15:28

    mantaf bro, suksez truz......
    slam kenal dari gue............

    ReplyDelete
  2. mantaf bro, suksez truz......
    slam kenal dari gue............

    ReplyDelete
  3. thankz ya gan,,,sukses
    Tambahin lagi gan koleksi ....Lam knal dari gue gan ...

    ReplyDelete