BLOG.MAKMALF

Words are breathing

Thursday, 7 January 2010

Tutorial Photoshop : ColorFul Manipulation

Hadduuh,, udah lama uy ga posting tutorial lagi,, huhu . .sekarang deh tutorialnya yuaa...
Kali ini kita nyoba bikin efek manipulasi warna warni pada foto, namanya "ColorFul Manipulation" aza lah . .haha. .
Saya pake foto Asmirandah..

Cekidoooong . . .
1.   Klik Menu file, New ... . tentukan isian seperti pada gambar azah . .


2.   Bikin layer baru (CTRL + SHIFT + N), klik Paint Bucket Tool (G) dan warnai dengan warna hitam.
3.   Klik 2x layer yang barusan dibuat, sampe muncul gambar kaya gini . .

      Tentuin isian sama dengan gambar di atas ya gan . .
4.   Nah . .kalo udah gambar kamu akan dapet kaya gini lah kira2. . . .

5.   Klik menu File, Open, lalu pilih foto yang akan kamu edit. Inget foto yang mau di edit harus yang sesuai yuaa pose n anglenya . . .
6.   Klik Polygonal Lasso Tool untuk motong objek yang ga dibutuhkan . .(Bisa kan cara motongnya mah??? yakin biasa lah . . hehe) ,, caranra seleksi dulu objek teruz tekan CTRL + X ,, kemudian tekan CTRL + V . .
7.   Kalo udah motongnya kemudian drag sesuain deh sama gambar . . 

8.   Buat garis Path sesuai dengan gambar di bawah dengan menggunakan Pen Tool 

Tentukan Propertinya kaya gini . . .

Dan bikin garis path kaya gini . .

9.   Tekan tombol B (untuk Brush Tool) dan klik kanan di layar. Pilih jenis brush Hard Round yang 5 Pixel..
10.  Klik menu Layer, New Layer, klik Direct Selection Tool atau pijit tombol A -pelan2 ya mijitnya ...hehe-(pada CS4) . .Klik kanan di garis path lalu pilih Stroke Path. Pilih Mode Brush dan centang Simulate Pressure . . .OK
11.  Masih menggunakan Direct Selection Tool, klik kanan di garis Path dan pilih Delete Path . .
Gambar akan jadi gini . . . 

12.  Tekan CTRL + J 4x tuk bikin duplikasi dari layer Garis Path (Mode Brush) tadi . .

Klik Move Tool dan klik satu per satu 4 layer duplikasi tersebut dan drag ke arah yang sesuai satu persatu sehingga garis2 brush akan seperti seperti gambar di atas . . .
13.  Klik layer paling atas dan tekan CTRL + E sebanyak 4x untuk menggabungkan 4 layer duplikasi . . .
14.  Tekan CTRL + J untuk menduplikasi layer gabungan tadi, tekan CTRL + T, klik kanan pilih Flip Horizontal . . .dan geser2 za deh sesuai selera,, jadinya kaya gini nih . .

15.  Gabungkan lagi layer duplikasi tersebut . . 
16.  Naaahh,,, sekarang hapus bagian2 yg kalian ga butuh dengan Eraser tool . .

Udah??? jadi kaya gini nih kira2 . . .

17.  Buat layer baru, tempatin di urutan paling atas . .Klik Brush Tool,, pilih tipe brush yang sisinya ngeblur n tentuin ukurannya yang agak gede yuaa buat nutupin or ngewarnain garis dengan warna yg macem2 n sesuai selera . .Kaya gini dehh. . . .

18.  Ubah layer efeknya jadi COLOR . .

19.  Dobel klik layer yang berisi objek Asmirandah,, kemudian di Kotak Layer Style-nya pilih efek Outer Glow,,atur aza deh isiannya sesusai kreatifitas kau kau . . .heheh . .Yang punya aku mah jelek ah kaya gini neeeh . .. ehehe . .

20.  Googling deh foto keren yang ingin dijadiin backgroundnya . . .aku mah yang kaya gini fotonya . .

21.  Seleksi sebagian foto yang kamu pilih buat di jadiin ornamen background-nya,, lalu kopiin ke lembar kerja utama n tempatin d bawah layer Asmirandah . .and yang paling penting hapus sisi2nya dengan Eraser tipe Soft Round biar keliatan lebih ngeblend ajah . .. .

22.  Beri Sedikit sentuhan terakhir untuk Asmirandah maksudnya Foto Asmirandah (jangan ngeres. . .hehe),, dengan cara Klik Layer , New Layer,, klik Polygonal Lasso Tool .. buat seleksi seperti gambar di bawah ini dan warnai dengan putih lalu tentukan Opacity-nya sebesar 22% . .

Jadi deeehhh . . . 

Ukkkeeeehh deehh.. selamat Klak Klik Kluk with Photoshop !! !
Thanks for ilmuphotoshop.com

4 comments:

  1. Ngejreng bgt ih kayanya yuaaa , , ;(

    ReplyDelete
  2. niru-niru karyanya mbah dewo nih...ga asik ah

    ReplyDelete
  3. Maaf sebelumnya.. emang ia gtu?? kalo saya boleh menyangkal , saya rasa tidak,,jstru saya dapet idenya dari IP tapi saya mnta maaf kalo ini memang bener niru2 menurut anda, ga perlu lagi penjelasan yang panjang lebar,, terimaksih atas kritikannya..
    :)

    ReplyDelete
  4. mantaaaaaap gua hari ini dpt ilmu baru.makasih ya.

    ReplyDelete