BLOG.MAKMALF

Words are breathing

Sunday, 28 March 2010

Salah Kaprah Kata2 dalam Obrolan Sehari2 Kita!

Dalam obrolan sehari-hari kita sebagai orang yang berbahasa Indonesia, Disadari atau ga ternyata masih banyak lo terjadi salah kaprah dalam penggunaan kata2 . .Dibawah ini adalah sebagian dari daftar kata2 yang sering kita gunakan dalam obrolan sehari2 kita, kita pikir itu biasa, tapi ternyata menurut keilmuan itu adalah salah kaprah!!


#  Handphone (HP), dalam penggunaan bahasa sehari2 kita selalu melafalkan "HP" adalah "Hape", padahal itu kan kependekan dari kata bahasa Inggris jadi harusnya kita melafalkannya "eich pi". Menurut anda?
# Begitu juga dengan "KFC" kita melafalkannya "ke ef si" tetapi kalau "A&W" kok kenapa kita melafalkannya sesuai dengan lafal melayu yaitu "a dan w", kenapa tidak "ei and dabelyu" padahal sama kan merupakan akronim dari bahasa asing . .
#  Busway, kita selalu menyebut busway untuk bus-nya, misalnya dalam sebuah ilustrasi , 
"Saya ke Jakarta naik Busway."
Menurut arti, penggunaan kata "Busway" adalah kurang tepat, karena Busway mengacu pada jalannya sendiri, sedangkan alat transportasi yang menggunakan busway tersebut adalah Transjakarta misalnya.
#  TV dan TVRI, diucapkan "Tipi" tapi kalau kita mengucapkan kata TVRI malah "te pe er i", jadi seharusnya kata "TV" sesuai Bahasa Indonesia diucapkan "te pe" tetapi apabila kita menggunakannya dalam percakapan ini misalnya,
"Saya ingin membeli te pe."
Pasti akan jadi bahan tertawaan . .
#  Kata "Bergeming" selama ini ternyata salah arti dalam obrolan sehari2 kita, karena menurut Sudjiwo Tedjo "bergeming" itu artinya "Diam".
#  Penggunaan kata "Bank", misalnya dalam obrolan sehari2 kita menggunakan kata "Bank" disambung dengan kata nama bank, misalnya, Bank BCA, Bank BRI, tetapi ternyata itu merupakan redundansi kata alias pengulangan atau pemborosan kata, karena "BCA" dan "BRI" kepanjangannya juga sudah mengandung kata bank! Jadi seharusnya kita harus mengucapkannya seperti ini, "Bank RI, "Bank CA" .
Segitu yang saya tahu . .mudah2an menambah wawasan . .

Sumber : Kaskus, Blog tetangga.

4 comments:

  1. hehe..

    uda melekat di lidah e..

    siip post nya kawan

    ReplyDelete
  2. saya dulu pernah dimarahin dosen bahasa indonesia saya gara-gara mengatakan tivi (TV) dan ase(AC). kemudian disuruhnya kami untuk mengatakan TEVE dan ACE. nice post.

    ReplyDelete
  3. Really great and interesting post. You do an excellent job. Keep it up and thanks a lot for the posting.

    ReplyDelete