BLOG.MAKMALF

Words are breathing

Saturday, 17 April 2010

Resensi Film: "Seven Pounds"

Kadang manusia melakukan kesalahan fatal dalam hidupnya, walaupun kita tidak pernah berniat sedikit pun untuk melakukan kesalahan tersebut. Dunia memang dirasa tidak adil ketika salah yang tidak sengaja kita buat ternyata menghapus semua baik yang sudah kita buat dihari-hari sebelumnya. Dan kita pasti ingin melakukan yang lebih baik lagi untuk menebus salah itu.
Mungkin itu makna yang bisa saya ambil filmnya Will Smith yang berjudul "Seven Pounds." 


Ben Thomas (Will Smith) adalah seorang agen IRS yang selalu dihantui oleh rasa bersalah ketika istrinya harus meninggal dalam sebuah tabrakan mobil tragis. Karena tabrakan itu terjadi ketika Ben yang sedang mengemudikan mobil tersebut, Ben pun ingin membunuh dirinya sendiri, tapi cara dia bunuh diri itu yang membuat semua orang tak pernah menyangka dia ingin melakukan bunuh diri. Dia mendonorkan satu persatu anggota tubuhnya termasuk jantung dan kedua matanya . .

Walaupun kecelakaan sudah berlalu lama tetapi Ben masih selalu terbayang mendiang istrinya sehingga seakan-akan selalu menghantuinya. Ya, Ben merasa kecelakaan yang merenggut nyawa istrinya tersebut adalah murni kesalahannya sendiri.
Untuk menuntaskan niat mendonorkan bagian organ-organ vital tubuhnya, Ben melakukan pendekatan secara personal terhadap beberapa orang yang akan dia donor. Pertama dia mendonorkan salah satu cuping paru-parunya kepada adiknya, dan ke empat orang lainnya, seperti bagian ginjalnya, bagian livernya, sum-sumnya, dan rumah mewahnya ke pada seorang wanita yang sering dianiaya suaminya.
Ben ternyata berniat juga untuk mendonorkan kornea matanya dan jantungnya. Itu artinya dia harus mengakhiri hidupnya. 
Niat Ben untuk mendonorkan semua organ tubuhnya kemudian menjadi keraguan di hati Ben karena dia jatuh cinta pada Emily Posa (Rosaria Dawson) yang pada awalnya dia dekati hanya untuk mengetahui riwayat penyakit jantungnya. 
Tetapi, ketika Emily kambuh dan umurnya divonis tidak akan lama lagi, Ben pun bisa mematangkan kembali niat awalnya untuk segera mengakhiri hidupnya. 
Akhir cerita, berkat donor jantung dari Ben, Emily kembali bisa hidup sehat, Ezra Turner (Woody Harrelson) yang mengidap buta pun bisa melihat ketika dia mendapatkan donor kornea mata dari Ben.


Pada awal cerita, mungkin kita akan bingung dengan serangkaian adegan-adegan di film yang terjadi begitu saja. Aktifitas-aktifitas yang dilakukan oleh Ben sebagai anggota IRS dan aktifitas lainnya, serta dialog-dialog yang terjadi ternyata menjadi sebuah clue untuk membuka pemahaman kita pada motivasi Ben di ending cerita yang ternyata ingin bunuh diri tersebut. 


Dan mungkin juga kita bisa tertipu bahwa sebenarnya Ben Thomas yang kita tahu pada awal cerita sebagai agen IRS ternyata hanyalah pemalsuan identitas yang sengaja dilakukan oleh Ben yang aslinya bernama Tim Thomas (seorang engineer sukses lulusan MIT) untuk bisa menjadi anggota IRS dan mengetahui data-data lengkap dari Emily Posa. Jadi sebenarnya, Tim Thomas adalah Will Smith dan Ben Thomas itu adalah agen IRS yang sebenarnya dan merupakan adik dari Tim Thomas. (Bingung ngejelasinnya.. LOL).


Saya sendiri sangat menyukai film ini, acting Will Smith, bahasa tubuhnya serta guratan-guratan emosi yang sangat mendalam di raut wajahnya mampu mengambarkan kondisi yang ingin dibentuk oleh sutradara sehingga seakan-akan nyata terjadi dihadapan kita. Acting Will Smith di film ini mampu membawa hanyut emosi saya juga. 


Adegan yang paling berkesan dalam film ini ketika Tim Thomas (Will Smith) melakukan bunuh diri disebuah motel yang sangat sederhana dengan cara memasukan ubur-ubur beracun peliharaannya ke bath tub tempat dia melepas nyawanya. Itu adalah adegan yang paling berkesan dan menyentuh emosi dari sekian banyak film drama yang telah saya tonton. 


Film ini mungkin bukan film kategori ringan, tetapi sangat cocok untuk dijadikan alternatif film yang menghibur diwaktu senggang anda.




Nilai: 8,5/10

3 comments:

  1. nonton ngga ya? nonton nnga nonton nnga nonton nnga nonton nnga nonton nnga...

    ReplyDelete
  2. wah kalo ada adegan hot-nya jd pengen nonton nich wkwkwk....maksudnya hot yg pedes2 gitu ya sob ( cabe )

    ReplyDelete
  3. walah aq kira aktornya bunuh diri sungguhan td hehehehehe cuma di film yak>

    ReplyDelete