BLOG.MAKMALF

Words are breathing

Tuesday, 18 May 2010

Back Up Data Itu PENTING!!


Back up data memang penting gak penting buat kebanyakan orang, termasuk aku . .Orang2 baru nyadar kalo itu hal penting ketika sesuatu kejadian yang ngerugiin menimpanya . .Misalnya, kehilangan data karena virus, gak sengaja kehapus dari recycle bin, hardisknya rusak, dan lain2 deh . . .Gak apa2 kalo yang ilangnya data yg udah emang ga diperluin dan gak penting2 amat, tapi gimana kalo kaya aku niih,, data yang penting yang justru ilang dalam sebuah flashdisk murah aku, dipinjem temen, ga teliti waktu makenya mungkin, ilang lenyap gitu aja! Tapi untungnya deh masih bisa tidur nyenyak, temen aku yang bisa tidur nyenyaknya, aku mah enggak!! . . :(

Experiences are the best teacher . .dan mulai dari sekarang aku akan back up data2 penting aku!! Trus buat temen2 yang kebetulan lagi apes baca postingan ini, aku punya beberapa tips oke nih buat back up data tanpa perlu biaya mahal untuk source back up-nya . . Karena udah kelanjur baca, so Please read more . .

99 dari 100 orang yang ga bego di Indonesia, milih back up data di beberapa media berikut ini :
-  Hardisk, menurut aku bukan pilihan yang tepat, hardisk masih bisa defrag, kena virus, rusak gara2 shutdown ga bener, dan keseringan mati mendadak gara2 mati lampu . .

-  Flashdisk, aku cuma bisa bilang, "Ya Alloh berikan hidayah-Mu dan petunjuk-Mu, jangan biarkan mereka back up data pentingnya di flashdisk, karena flashdisk ukurannya kecil, masih bisa ilang, dicuri, dan rusak gitu aja . . Amiiiiiin . .Al-fatihah . . ."

-  Memory HP, emang aga cerdik siy, apa lagi buat orang yang punya memory HP udah 8 GB-an, tapi mendiing kalo HP kamu itu ga sering dipinjem2in, kalo sering? jangan deh, takut temen kamu pinjem trus nyuri data kamu yang penting, misal, tugas sekolah . .

-  Komputer sekolah, parah banget ya, ga usah djelasin lagi deh . .

Tips back up data paling aman :
-  Gunakan hardisk portable, hardisk kaya gini makin berkembang aja teknologi dan designnya, ada yang tahan benturan kaya yang dibawah ini, tapi tetep aja harganya masih mahal . .

-  Gunakan SSD bukan HDD, SSD atau Solid State Drive merupakan alternatif baru untuk mengganti hardisk konvensional (HDD), diklaim lebih aman . .Tapi, lebih mahal juga . .

-  Gunakan media back up on-line, cara ini mejadi pilihan aku, tapi asal jangan pilih situs buat back up datanya dengan cara asal2an, pake situs hosting yang udah punya nama, kaya rapidshare, ziddu, atau 4shared . .

-  Lakukan kompresi, kaya aplikasi win-zip, win-rar, kompres file penting kamu untuk menghindari serangan dari virus dan juga biar lebih cepat dalam proses transfer data antar media . .

-  Update anti virus, buat sistem keamanan yang tangguh, update juga anti virus kamu. Pake anti virus yang udah kebukti keampuhannya kaya anti virus ini . .

Segitu deh mungkin yang bisa kita lakuin untuk mencegah kehilangan data penting kita . .kayanya slogan sedia payung sebelum ujan, bisa deh dipake. . . :)
I'll be back on my new post!!

Dan  . . . aku terkejut dan ga nyangka banget, ternyata aku bisa juga LOLOS UM salah satu PTN favorit kemarin! Gila, padahal saingan banyak banget, soal susah, tapi alhamdulillah bisa dapet yang pilihan keduanya . . :) Just sharing my happiness aja deh ini mah . .. :)

17 comments:

  1. wah kalo hardisk portable mahal, mendingan yg back up online aja lebih murah dan gampang kalo mau ngambil filenya
    thanks yaw

    ReplyDelete
  2. thx 4 share...

    waaaaaah selamat yah jadi mahasiwa eh mahasiswa sekarang ^^
    *bau2 traktiran nie*
    *dijitak*

    have a nice day ^^

    ReplyDelete
  3. thx sharenya sob, selmt ya lolos UM...

    ReplyDelete
  4. alhamdulilah brarti g trmsk orang bego aq,,wkwkwk

    cie cie yg jd mhsiswa,,traktir euy ^0^
    slamat atuh ah,,,wekeke

    Miss Rinda - Personal Blog

    ReplyDelete
  5. hiks.... bulan februari kmrn dua HDD mia tewas. ilang smua data2nya T^T

    ReplyDelete
  6. hehe..back up itu kewajiban bro..

    ReplyDelete
  7. mantap nih info baru thanks sob

    ReplyDelete
  8. Jadi inget pengalaman waktu dataku hilang padahal mau diserahkan besok paginya karena ga ada backup file....

    ReplyDelete
  9. Thanks infonya sob...n selamat udah jadi mahasiswa baru...

    ReplyDelete
  10. walah, masih termasuk 99 dari 100 oang bego nih aku...masih membackup dataq di HDD dan CD/DVD

    ReplyDelete
  11. mahasiswa baru....selamat yah :)
    aku masih backup di harddisk aja tuh....semoga aja ga ngebeledug.......

    ReplyDelete
  12. makasih banyak ya infonya...
    salam kenal juga....

    ReplyDelete
  13. yups, sepakat.. padahal udah pernah kejadian kehilangan data, temen juga pernah ada yang tiba2 hardisknya rusak tapi tetep aja mpe sekarang lum pernah back up dat2 penting, hhooo.. apakah itu berarti aku bagian dari orang bego itu, hahahaha..

    salam kenal, ditunggu kunjungan baliknya..

    ReplyDelete
  14. yaiyalah penting wkwkwk

    http://ipminnovative.blogspot.com/2010/05/penemuan-kapal-nnuh-as.html

    ReplyDelete
  15. kalo nyimpan data di 4shared, apa bisa di buka ama org lain ga? mhn pencerahannya hehehehee

    ReplyDelete