BLOG.MAKMALF

Words are breathing

Monday, 19 July 2010

Trik Nonton Film Favorit Tanpa Harus Beli DVD Film

Temen2 suka nonton dan nge-download film ga? Kalo suka, berarti kamu gak salah2 amat uda kejebur ke postingan ini..Maksud "film" disini bukan film/video yang durasinya pendek gitu, tapi film yang suka tayang di bioskop2.. :)

Langsung aja. 

Nonton film paling enak memang lewat DVD player biasa, karena kita bisa nonton di layar TV yang ukurannya lebih gede (ya itu juga kalo layar tv-nya gede,, :D). Tapi, kalo kita gak punya dvd filmnya dan gak punya uang untuk beli dvd, maka cara yang paling mudah dan gratis untuk tetep bisa nikmatin film favorit kita adalah dengan mendownload file filmnya. Walaupun file film itu ukurannya besar (700 mb keatas), tapi dengan torrent kita bisa lebih mudah mendownloadnya karena beliau mendukung proses resume meskipun komputer harus dimatiin dulu karena udah panas misalnya. Untuk cara2 donwload lewat torrent bisa kalian liat disini..

Berikut ini trik2 yang bisa kita lakukan setelah kita dapetin film hasil download-an kita..

- File film hasil download-an biasanya belum menyertakan subtitle atau teks dialog. Jadi kita harus download dulu dan menambahkan subtitle untuk filmnya. Caranya adalah:
  • Buka situs penyedia file subtitle. Bisa di subscene.comopensubtitles.org, atau lainnya.. Udah gitu tinggal search aja judul filmnya dan pilih bahasanya.
  • Simpan file subtitle (biasanya berekstensi *.srt) di dalam folder yang sama tempat folder file film-nya disimpen.
  • Ubah nama file substitle dengan nama yang sama dengan nama file film-nya.. Kalo file film-nya bernama the omen.avi maka subtitle-nya harus the omen.srt.
  • Tinggal cek subtitle-nya apa udah singkron atau enggak sama dialognya.. Kalo delay atau kemunculan subtitle tidak pas sama dialog di filmnya, maka kita harus oprek dulu subtitlenya pake aplikasi gratis subtitle workshop.. Klik di sini untuk download..
- Film udah bisa kamu tonton di komputer kamu.. Biar bisa nonton pake DVD player biasa, kamu harus nyiapin DVD kosong buat nyimpen filmnya.. Harganya murah cuma 3000-an perkeping..

- Agar film kamu bisa dimainkan di DVD player biasa, sebelum di-burn ke DVD, kamu harus convert dulu format videonya dari avi ke format dvd. Ada banyak aplikasi gratis yang bisa bantu kita di proses ini..Salah satunya yang paling bagus menurut aku adalah aplikasi ConvertXtoDVD. Aplikasi ini enggak gratis, jadi silakan beli atau cari yang versi gratisnya. :)
  • Kalo udah diinstall, silakan pelajari sendiri gimana langkah2nya, mudah ko..
  • Kalo berhasil maka format file film kamu akan berubah menjadi format DVD, yaitu terdiri 2 folder bernama AUDIO_TS dan VIDEO_TS..
  • Tinggal burn aja deh 2 folder tersebut ke DVD.. Untuk proses pembakaran bisa pakai Nero atau yang lainnya..Yang paling penting atur dulu kecepatan pembakaran jadi minimum agar hasilnya berkualitas..
Segitu deh trik2 yang bisa dilakukan demi kenikmatan kamu untuk nonton film favoritnya... :)
Silakan dicoba.. dan selamat nonton!

Wassalam.