BLOG.MAKMALF

Words are breathing

Monday, 1 August 2011

Resensi Film: “Conviction”

Ikatan kasih sayang yang terjalin antara saudara sekandung memang bisa mengalahkan segalanya. Betty Anne Waters (Hillary Swank) merasakan hal itu terhadap kakaknya, Kenny Waters (Sam Rockwell), begitu juga sebaliknya.
Ikatan kasih sayang persaudaraan mereka yang kuat dari sejak kecil terus terpupuk hingga sampai saat mereka berkeluarga dan mempunyai anak. Sayangnya, Kenny Waters yang memiliki sifat temperamental dan cenderung masih saja kekanak-kanakan kadang membuat Betty Anne khawatir terhadap kakaknya itu. Walaupun begitu, rasa sayang Betty Anne tidak begitu saja hilang sampai ketika Kenny Waters tersangkut kasus pembunuhan seorang wanita.
Walaupun Betty Anne tahu karakter kakaknya yang memang temperament dan tidak segan-segan untuk langsung menindak orang yang dia rasa mengganggunya, Betty Anne tidak percaya dan yakin bahwa kakaknya itu tidak bersalah dan bukanlah pembunuh seorang wanita dalam kasus pembunuhan itu. Tetapi, kesaksian saksi yang memberatkan Kenny Waters kemudian mengantarkan Kenny menuju balik jeruji besi. Hakim memutuskan penjara seumur hidup bagi Kenny.
Menghadapi kondisi kakaknya, demi kakaknya, Betty Anne bertekad untuk mengikuti studi di fakultas hukum dengan harapan setelah lulus dia akan bisa menjadi pengacara kakaknya untuk membuktikan bahwa kakaknya itu tidak bersalah.
Beberapa tahun berlalu, akhirnya Betty Anne berhasil menyelesaikan studinya.
Dengan bantuan rekan sepraktisi hukumnya, Betty Anne akan melakukan tes DNA terhadap darah yang menjadi barang bukti dari pelaku pembunuhan. Tetapi, masalah pelik dia hadapi ketika sistem hukum pada saat itu menghancurkan barang bukti karena telah lewat dari 10 tahun.
Walaupun begitu dan walaupun mungkin saja hasil tes DNA malah akan semakin memberatkan kasus kakaknya, tetapi, Betty Anne tetap yakin kakaknya tidak bersalah dan tetap bertekad untuk menemukan keberadaan barang bukti itu.
Mampukah Betty Anne menemukan barang bukti itu? Apakah benar bahwa Kenny Water tidak bersalah? Temukan saja jawabannya sendiri.

Awal mula ketertarikan saya untuk menonton film ini adalah dari jajaran cast-nya yang menyertakan Hillary Swank (P.S. I Love You) dan Sam Rockwell yang pernah bermain peran sebagai astronot kesepian di film “MOON”. Dalam filmnya masing-masing, mereka berhasil menjalankan perannya dengan baik. Dalam film ini juga keduanya bisa tampil dengan akting memukau. Sehingga, gambaran ikatan kasih sayang yang begitu kuat akan kita rasakan apabila menonton dan memperhatikan peran mereka sebagai adik kakak.
Mungkin, pada awalnya kita akan menganggap karakter Betty terlalu berlebihan karena merelakan pernikahannya hancur gara-gara dia terlalu sibuk mengurus masalah kakaknya. Tetapi, serangkaian adegan flashback yang menggambarkan bagaimana masa kecil mereka akan membuat kita mengerti bahwa bagi keduanya, baik itu Betty kepada Kenny dan sebaliknya, satu sama lain adalah segalanya. Kenny merupakan segalanya bagi Betty.
Cara bertutur cerita pada bagian awal film ini mengingatkan saya pada film “Blue Valentine” yang juga terbukti berhasil menggunakan cara bertutur cerita yang unik seperti ini.
Di film ini, Hillary Swank memang menjadi pusat cerita, tetapi justru saya melihat akting dari  Sam Rockwell yang terlihat lebih menjiwai, Sam Rockwell mampu menggambarkan seorang karakter Kenny yang memiliki emosi temprament dan naik turun dalam saat yang bersamaan. Berkat aktingnya itu, saya bisa merasakan bagaimana perasaan dari seorang Kenny ketika harapan untuk bebas dari penjara sangat sedikit sekali baginya.
Ending di film ini memang mudah sekali untuk ditebak, karena memang film ini merupakan film yang mengangkat kejadian nyata. Tapi dari semuanya, premis sederhana dan kisah kasih sayang diantara kakak adik di film ini sudah cukup membuat film ini menjadi layak untuk ditonton bersama keluarga. Dan tentu saja, ada hikmah yang bisa diambil dari cerita di film ini.

Selamat menonton.
Smile


Gambar dari:

44 comments:

  1. Belom nonton, jadi bekel ngabuburit seru juga tuh, hatur nuhun infona :)

    ReplyDelete
  2. poster filmnya agak mirip sama sampul buku loh :O. Jadi si kakak bebas gg ? #minta spoiler hhehhe

    ReplyDelete
  3. @Retno: sami2. :)
    @Fiction's World: Kakaknya bebas dong.

    ReplyDelete
  4. Wow. Ampun, saya gak tahan nonton film begini... TT__TT

    ReplyDelete
  5. belom nonton
    em ... bisa share linknya ga? :D

    ReplyDelete
  6. @Asop: gak tahan knapa, Bos? :D

    @John Terro: Wah kalo itu saya ga nemu, Gan. Soalnya saya juga beli DVD bajakannya. Coba aja di Torrent. Pasti banyak. :))

    ReplyDelete
  7. bisa dinonton di mana ya? ada dividinya ga? pinjem dong *loh?* :P

    ReplyDelete
  8. Wehweh ada film lagi :D, tapi film HP part 2 aja belum nonton nih saya >.<

    ReplyDelete
  9. nonton! nonton! nonton! *merengek ke ortu

    ReplyDelete
  10. love Hillary Swank!
    belom nonton sih filmnya. but by reading it, I'm going to watch it. soon!

    ReplyDelete
  11. @Audrey: -___-"
    @iam: saya udah nonton harpot 2, dong. :))
    @TUKANG CoLoNG: makejumakejumakejuma
    @L: Nonton deh, ga akan nyesel. :)

    ReplyDelete
  12. jangankan saya nonton, mereka saja baru tahu dari sini hehhehehe maklum bukan penikmat film aku

    ReplyDelete
  13. wah, kurang suka film ginian :P

    btw itu blog nya kenapa ga kompatibel ma IE brapa

    Salam Kenal,
    KEVIN
    Blog : www.nostalgia-90an.com
    Nostalgia Segala Sesuatu pada Tahun 90an

    ReplyDelete
  14. di bioskop yang saya lewati setiap hari masih gambar Harry Potter posternya. tapi saya sempat baca di majalah film baru ini. sip infonya.

    ReplyDelete
  15. @Muhammad A Vip: Harry Potter memang lagi booming2nya ya dimana2. :)

    ReplyDelete
  16. wah resensi nya bagus..
    jadi penasaran mau nonton..

    ReplyDelete
  17. i never watch this yet. apa seru nontonnya?

    ReplyDelete
  18. Film 'Barat' memang berkualitas karena digarap dengan apik. Penonton dibuat terpukau dengan alur cerita, dialog dan 'sudut pengambilan gambarnya' disamping juga tentu saja teknik dan teknologinya. Trims sharingnya. Salam blogger. Sukses selalu.

    ReplyDelete
  19. @HendraPanic: Silakan, pasti ga akan nyesel deh. :)

    @Rtp Farra Aeisha: Film ini bukan seru sih, tapi ke lebih ke menyentuh. :)

    @Herdoni Wahyono: Ya, semoga sineas2 Indonesia juga bisa mengedepankan idealisnya ya daripada hanya sekedar untuk menumpukkan keuntungan. Saya yakin ko, sineas2 Indonesia banyak yg kreatif. Lihat aja di festival2 film pendek se-Asia, sineas muda kita banyak juga loh yg dapet award. Coba cek film pendek "Payung Merah." :)

    ReplyDelete
  20. wah kalo ditanya kapan nonton ? pasti susah njawabnya soale saya ada di kampung. Bisanya nnton di TV berlangganan, itupun masih film-film lama.
    membaca resensi sampean, saya sambil membayangkan, ernyata asyik juga

    ReplyDelete
  21. Anev lebih suka pilm action tapi membaca resensinya jadi pengin download.

    ReplyDelete
  22. Bagus g ??
    jadi pengen nonton juga,,.

    ReplyDelete
  23. coba ahh di tonton filmnya.salam love,peace and gaul.

    ReplyDelete
  24. wuih, ini film barunya Hillary Swank? musti nonton nih, I'm a big fan of her soalnya

    ReplyDelete
  25. man, would u please watch a short movie in my blog, and leave ur comment.. hehehee

    ReplyDelete
  26. kalo ngga salah, saya udah donlot sih.. belom nonton.. semoga ngga bosen

    ReplyDelete
  27. ahaaa asikk, nantilah di donlot... =,=
    *masi banyak tumpukan pilem yg belum di nonton*

    salam kenal jaaaa

    ReplyDelete
  28. @akmal: hehe :p saya entah kapan mau nonton HP 2 >.<

    ReplyDelete
  29. Ini drama baru keluar ya? saya belum pernah nonton, tapi kalo yang Hillary swank bintangi di PS I Love You, saya pernah nonton dan actingnya bagus..

    kayaknya recomended nih buat penyuka drama dengan alur cerita yang nggak biasa. keren resensinya!

    ReplyDelete
  30. klo sampai ada yang mau review berarti filmnya bagus...
    satu masikan judul film yang mungkin akan jadi pilihan saya ketika senggang

    ReplyDelete
  31. sampai di mana nih puasanya? masih di gedung bioskop?

    ReplyDelete
  32. nice post.. besok2 cari ini film deh. udah lama nggak nonton. banyak kerjaan soalnya *sok sibuk* hehe.. XD

    ReplyDelete
  33. salam sahabat
    wahkayaknya seru banget nich baru membaca resensinya aja terbawa arus hehehe kalau nonton pasti langsung kayak mengalami dan terbawa aluannya film hehehe

    ReplyDelete
  34. Tuh kan padahal baru pertama kali kenal sama ini film, kanapa jadi kepengen nonton ya, gara-gara lo si mal O_O

    ReplyDelete
  35. kunjung lagi akh,,.
    lihat gambar'' seru.. hehehehe.

    ReplyDelete
  36. mau ahhh di tonton, reviewnya lengkap abis ,jd tertarik!

    ReplyDelete
  37. wah film tahun kapan ini belum pernah tau :D
    rekomen bagus

    ReplyDelete
  38. saya belum nonton nih. ntar cari ah :D

    have a nice day ^^

    ReplyDelete
  39. Selamat malam,.
    berkunjung lagi malam'' bgni,.
    mencari yang terbaru nie,.

    ReplyDelete
  40. wah gitu yah
    di torrent juga ga bisa diakses di kampusku :D

    ReplyDelete
  41. Minta link'a doank kalau bisa yang IDWS atu media api,hehehe
    Dah ane follow gan blog ente,gantian follow back balik ya,

    ReplyDelete