BLOG.MAKMALF

Words are breathing

Friday, 16 September 2011

Cahaya, Gelombang, dan Partikel?

Berdasarkan eksperimen yg dilakukan oleh si Hertz berdasarkan teori efek fotolistrik yg dikemukakan oleh Einstein, ternyata terbukti bahwa cahaya bukan hanya bersifat gelombang, tetapi juga pada kondisi tertentu bisa bersifat sebagai partikel (foton.)

 

Kalau begitu, jadi ada sifat dualisme dimiliki oleh cahaya yang kadang-kadang bisa berupa gelombang, kadang-kadang bisa juga berupa partikel.

 

Pertanyaannya, kapan cahaya menjadi partikel? kapan juga cahaya menjadi gelombang?

 

Pendapat saya, itu tergantung kondisi yang kita ciptakan terhadap cahaya, atau dengan kata lain, tergantung bagaimana kita memperlakukan cahaya tersebut.

 

Pertanyaan kedua, karena cahaya ternyata memiliki dualisme persifatan, jadi benar atau salahkah pendapat saya yang meyimpulkan bahwa cahaya itu berupa gelombang, dan gelombang dari cahaya itu merupakan kumpulan dari paket-paket partikel (foton) yang membentuk gelombang cahaya itu sendiri?

 

 

 

 

#sayangnya jam kuliah udah beres, sehingga pertanyaan dan pernyataan itu gak sempet saya ajukan ke dosen.

 

#sok iyeh ya gue. abaikan saja. Open-mouthed smile

21 comments:

  1. jadi dimana sob? ini kalo dipikir2 ternyata jadi malah membingungkan. haha

    ReplyDelete
  2. sya dah lupa ma bahasan kyak gini. hehehehh
    padahal aslinya mang kagak ngerti, ngeles ja. wkwkkwkwkwkkk

    ReplyDelete
  3. Selamat malam kang,.
    lama bngt tak berkunjung ke t4 ini,.
    kini datang lagi nir kang,. pa kabar?

    ReplyDelete
  4. FISIKA :OOOO
    speechless deh , tugas fisika aja blum dikerjain #eh

    ReplyDelete
  5. ak cuma tau dualisme realitas :P
    nah kenapa gg ditanyain sebelum jam kuliah berakhir dong ?

    ReplyDelete
  6. setau saya sih cahaya itu gelombang..
    ternyata oh ternyata..

    ReplyDelete
  7. Aku ingin menjadi cahaya, punya 2 sifat! sebagai partikel (nyata dalam jasmani) juga sebagai gelombang (maya dalam hal ini hati). Cahaya teridentifikasikan sebagai jiwa (hati) dan raga (jasmani) *hanya pendapat

    ReplyDelete
  8. wah, ini ada kaitannya dengan pelajaran waktu SMA nih.

    ReplyDelete
  9. ohhh jadi gitu hmm... iih pinter bgt dehhhh

    ReplyDelete
  10. kalau kata guru fisika saya dulu...

    sifat bisa bersifat cahaya sekaligus pertikel dalam waktu bersamaan. namun kita tidak bisa melakukan pemeriksaan kedua sifat tersebut dalam waktu yang bersamaan karena hingga saat ini belum ada satu pun alat yang mampu melakukannya.

    Hanya persoalan metodologi penelitian yang membuat cahaya kadang bersifat foton dan gelombang.

    ReplyDelete
  11. percobaan Davisson-Germer yg membuktikan cahaya sebagai partikel.

    dan percobaan Michael farady yg membuktikan cahaya sbg gelombang.

    ReplyDelete
  12. tapi kedua percobaan itu tidak bisa digabungkan

    ReplyDelete
  13. coba ty dosen Anda...apa itu benar?

    ReplyDelete
  14. wah pengetahuan barang tentang cahaya nih, terima kasih infonya

    ReplyDelete
  15. Pertanyaan buat dosen biar ga lupa jadi diposting yh heehee....
    Fisika oh fisika

    ReplyDelete
  16. coba kalau udah sempat ditanya ke dosennya - jawabannya di share lagi ya (ikut penasaran)

    ReplyDelete
  17. dosennya punya blog ga? kali aja pas dosennya blogwalking bisa langsung dijawab via comment :D

    ReplyDelete