BLOG.MAKMALF

Words are breathing

Saturday, 26 November 2011

Resensi Film: "5 Centimeters Per Second"

Dalam setiap kehidupan manusia memang selalu ada pertemuan dan perpisahan, dengan siapa saja, bisa dengan keluarga, maupun dengan orang yang kita kasihi. Jarak yang memisahkan dan waktu yang semakin berlalu cepat merupakan hal yang sangat berpengaruh terhadap jalan hidup seseorang.
Hal ini pula yang dialami oleh dua orang yang sudah sering menjalani waktu dan berbagi cerita bersama sejak mereka SD. Tanpa mereka tahu sebelumnya, kenyataan mengharuskan mereka berpisah dan menjalani hidup masing-masing. Ini hanya masalah jarak. Ini juga hanya masalah waktu. Tapi jarak yang menjadi suatu hal yang sangat mempengaruhi bagi perubahan hidup mereka. Dan waktu seakan-akan mempermainkan kegelisahan mereka akankah bisa kembali bertemu atau tidak.

Cerita yang sangat sederhana memang dan tentu saja premis seperti ini rasanya sudah usang karena sudah terlalu banyak juga judul film yang mengangkat tema seperti ini. Tapi ada yang beda dengan anime satu ini.
Kisah yang disajikan dan ditampilkan terasa sangat apa adanya, real, dan sangat menyentuh. Porsi dialog yang sangat sedikit dan sangat sederhana sepertinya memang disengaja akan kesan realnya lebih dapat. Tone didominasi dengan warna-warna muram, galaunya dapet. Bener-bener galau dan membawa suasana galau ditengah-tengah ruang kamar anda.

Mungkin kalau mood anda sedang galau akan lebih dibuat galau lagi kalau anda nonton film ini. :D
Nonton film ini seakan-akan sedang mendengarkan seseorang yang membacakan -lebih tepatnya membisikkan- cerpen ke telinga saya. Banyak sekali porsi monolog yang disampaikan, tentunya dihiasi dengan gaya bahasa yang penuh dengan makna-makna mendalam.

“5 Centimeters Per Second,” sebuah film yang sangat indah dengan segala kemuramannya, kegalauannya, dan tentunya akan membangkitkan sisi melankolis anda. Lengkap dengan soundtrack yang membuat anda semakin galau. :D