BLOG.MAKMALF

Words are breathing

Thursday, 29 December 2011

Mainstream dan Gak Mainstream

Berbicara tentang selera, saya adalah orang yang tidak suka dengan segala sesuatu hal yang terlalu mainstream. Itu termasuk musik dan film. Tapi gak cukup itu, saya juga adalah tipe orang yang selalu ingin beda dari orang lain yang terlalu mainstream. Itu termasuk pola pikir. Pola fikir saya kadang terlalu berbeda dan nyeleneh apabila dibandingkan dengan standar pola fikir manusia-manusia standar lainnya yang ada disekitar saya. Bertingkahlaku seperti itu, bukannya saya ingin sok-sokan beda atau ingin terlihat nyentrik dari yang lain, tapi memang murni tidak sengaja. Semua itu karena dari diri saya sendiri saja yang memang selalu mempunyai pola fikir yang seperti itu. Mungkin bisa dikatakan semacam pilihan terhadap keputusan diri saya sendiri yang memang lebih betah dan nyaman dengan cara hidup seperti ini. 

Mempunyai pola fikir gak mainstream memang selalu sulit. Contohnya, dalam  hal berkomunikasi, tidak jarang teman-teman saya sering salah faham dengan maksud dan pemikiran saya, berhubung saya adalah tipe orang yang kurang pandai dalam mengutarakan apa yang ada di otak saya menjadi sebuah kalimat yang mudah dimengerti dan difahami oleh lawan bicara saya. Apabila sudah seperti itu, maka tidak mustahil lagi, orang-orang sering mencap bahwa pola fikir saya itu adalah salah. Tapi kenyataannya, justru saya tidak seperti itu, saya hanya sedikit beda dan masalahnya "anda" tidak memahami apa yang saya maksud.

Menjadi gak mainstream juga kadang tidak disukai banyak orang. Mainstream itu adalah hal-hal umum yang banyak disukai banyak orang, gak mainstream itu adalah sebaliknya. Memilih untuk menjadi gak mainstream tentu saja ada resiko tidak disukai banyak orang, dan juga terlalu sulit dan sangat sangat sulit untuk bisa membalikkan keadaan dari gak mainstream menjadi mainstream, ya tentu saja. Contohnya, film dan musik. Kita lihat saja lebih banyak orang yang berpendapat bahwa franchise "Transformers" itu selalu memiliki visual yang indah di setiap sekuelnya, sebaliknya, pasti akan sedikit sekali orang yang beranggapan bahwa visual yang ada di film "The Fall" dan "The Tree of Life" lah yang lebih indah. Pada akhirnya, banyak sekali orang yang menyukai Transformers dengan segala pamer visualnya dan sedikit sekali orang yang menyukai visualisasi "The Fall." Dibidang musik, saya ingin berbicara kepada anda yang mainstream, bahwa jangan pernah sekalipun anda anggap aneh lagu-lagu di album "The King of Limbs"-nya Radiohead karena apabila dibandingkan dengan lagu-lagu dari band "Boyslikegirls" misalnya, itu adalah hal yang sangat jauh berbeda sekali. 

Menjadi orang yang gak mainstream kadang sulit dimengerti juga oleh mereka yang berpikiran sempit khas sebagian besar orang-orang mainstream (semoga anda tidak termasuk ini). Dimulai dari selera, hobi, gaya hidup, pola fikir, sering sekali dianggap aneh dan dijadikan bahan celaan bahkan tertawaan. "hahaha, apa-apan ini?", "aneh banget gak sih ni orang/film/musik.." atau "gak jelas gini, maunya apa sih?" Paling tidak itu yang sering saya dengar langsung oleh telinga saya tentang pandangan mereka, orang-orang mainstream yang berfikiran terlalu sempit.  

Memilih untuk menjadi mainstream dan gak mainstream itu memang tergantung dari selera kita dan cara berfikir diri kita sendiri. Tapi yang terpenting, jangan pernah sekalipun anda berfikir bahwa orang-orang yang memilih untuk menjadi gak mainstream itu adalah sebuah kesalahan. Karena orang baik yang gak mainstream juga tidak pernah sekalipun berfikir bahwa mainstream itu adalah kesalahan. Yang menjadi masalahnya adalah tinggal kita sendiri saja yang lebih nyaman untuk memilih dan diam di jalur yang mana, tentu saja tanpa harus merugikan orang lain dan bertabrakan faham dengan orang lain. 

Sebelum lebih gak jelas lagi, lebih baik saya akhiri sampai disini. No offence. Hanya melacur a la fai. :D

18 comments:

  1. seru kali jadi orang yang melawan arus atau bahasanya non mainstream yak
    ak dari SMA udah dapet julukan aneh karena seleraku dalam musik, film dan bacaan, akhirnya mah jadi bangga juga di cap aneh tuh :D
    eh aneh sama gg sih sama non-mainstream ? :P

    ReplyDelete
  2. ah menurutku sih orang yang gak mainstream itu gak aneh. apa anehnya? kan mainstream atau enggak itu kan pilihan.

    ReplyDelete
  3. @Tiara: gak ada yg aneh ko sebenernya, cuma beda aja. Intinya gak mainstream itu keren. :D

    @Ipah: yap setuju, seperti yg saya bilang di atas jg kan. :)

    ReplyDelete
  4. yg penting jalanin enjoy aja sob... selama kita menikmati apa yg kita lakukan, dan kita gak merigikan org lain, ngapain dipikirin...

    ReplyDelete
  5. yg penting jalanin enjoy aja sob... selama kita menikmati apa yg kita lakukan, dan kita gak merugikan org lain, ngapain dipikirin...

    ReplyDelete
  6. haha , kadang pikiran saya juga beda dari pikiran banyak orang , tapi itu justru jadi tantangan tersendiri buat nyampein apa yg kita pikirkan dan kasarnya "mendoktrin" agar orang lain justru sepakat dengan pikiran kita :D
    so far sukses :D

    ReplyDelete
  7. @Penghuni 60: setuju banget sob. Itu gue banget. :D

    @Faizah: Sejauh ini juga banyak jg deh kayanya orang2 yg udah terdoktrin oleh sy. hahaha

    ReplyDelete
  8. setuju dengan pernyataannya di bagian akhir tulisan ini. semuanya tergantung dari selera kita dalam mamilihnya karena kita memiliki cara pandang dan bersikap yang berbeda2.

    ReplyDelete
  9. yess..menurut gue mainstream itu bukan ideologi kan,jadi kita bebas bebas aje.suka suka ..justru malah org yg di blg ga mainstream itu byk yg kreatif =3

    ReplyDelete
  10. sama kita bos... gue juga sering kayak gitu.berbeda dari orang kebanyakan....hehehe... waktu taun baru gue pernah ngetweet (ceritanya ada di blog gue. baru apdet malah. hehehe). trus temen gue, yah mungkin salah paham aja, udah ngamuk2 ke gue. ckckck....

    ReplyDelete
  11. happy nu year yah bos.. maaf baru kunjung ke sini lagi... :D

    ReplyDelete
  12. andy blogmu layoutnya bagus banget
    tapi aku ngerasa huruf postingnya kecil tidak didukung dengan tempat posting yang lebar
    jadi agak kurang enak dibaca dari awal banget sampe akhir
    tempat posting sempit memudahkan pembaca fokus
    kayak lajur di koran
    jadi meskipun tulisan kecil2 tapi tetep enak dibacanya
    nah kalau kecil tempatnya lebar
    pembaca jadi sering blank nyari tadi bacanya sampek mana yaa


    IMO :)

    ReplyDelete
  13. BTW, ada award spesial utkmu sob, mohon diambil ya...

    ReplyDelete
  14. Postingannya byk yg seru ya disini...
    salam knl ya bro...
    :D

    ReplyDelete
  15. hadeeh pake bahasa "mainstrem" otak patrick saya bereaksi, ahahaha. abisan saya lebih sering "mainuburubur" sih. #eaaaaa

    sedelapan lah dengan kamuh!
    "Americana Exotica", the fall banget ini mah!

    WOI YG BELUM NONTON THE FALL, NONTON DEH! KEREEEEN.... #promosi promosi#

    ReplyDelete
  16. Hahaha, kadang juga gua suka diketawain temen" gua krn lebih suka band-band yg gk terkenal kayak Before You Exit, Cimorelli, dll. Ehh, pas gua ksh tunjuk tuh kesukaan gua yg kayak gitu, gua malh diketawain temen" gua, bahkan gua jg sampe diketawain ama adek gua sendiri.. hahaha, gua sih biasa aja krn kalo emang itu yg gua suka, gua gk peduli sm kata" orang..

    ReplyDelete