BLOG.MAKMALF

Words are breathing

Tuesday, 28 February 2012

Resensi Film: "The Simpsons Movie" [2007]

Springfield. Penggemar "The Simpsons" pasti sudah tahu dengan jelas dimana letak kota kecil tersebut berada. :) Suatu waktu, Greenday mengadakan konser di kota itu. Dengan panggung didirikan di atas sungai, maka pencemaran sungai tidak bisa dihindari. Pembersihan dan penjagaan ketat terhadap sungai itu pun dilakukan. 
Sementara itu, Homer yang memelihara babi dan bingung kotoran babinya itu harus dibuang kemana, akhirnya dengan nekat memutuskan untuk membuangnya ke sungai. Diluar dugaan, kotoran babi itu membuat sungai menjadi sangat tercemar sampai-sampai membuat hewan yang kecemplung ke dalamnya bisa menjadi mutant. Takut pencemarannya menyebar luas, atas kebijakan Presiden Schwarzenegger, akhirnya seluruh daerah Springfield ditutup dengan sebuah kubah kaca berukuran raksasa. Semua warga pun terjebak didalamnya. Mereka pun menjadi sangat marah pada Homer ketika menemukan bekas limbahnya yang menjadi pencemar sungai itu. Cerita petualangan absurd dan kocak keluarga The Simpsons itu pun dimulai. :)
__________________________
Ketenaran The Simpsons sebagai serial tv komedi yang sangat absurd itu memang tidak bisa diragukan lagi. Berkat segala ke-absurd-an dan kenakalan gaya berkomedinya yang total itu, The Simpsons menjadi sebuah fenomena di layar tv seluruh belahan dunia. Siapa yang tidak akan kenal karakter orang-orangan aneh berwarna dominan kuning, bergaya bicara ceplas ceplos dan nyeleneh itu. Kebanyakan orang pasti tahu siapa mereka, sisanya pasti akan merasa de javu ketika disodori gambar mereka atau film kartun mereka. Itu artinya semua orang tahu mereka. Yeah FENOMENAL. Meski memang tidak bisa disangkal bahwa kontroversi-nya  juga yang menjadi salah satu penyebab kenapa mereka bisa seterkenal itu. Tapi abaikan saja itu, pada intinya mereka FENOMENAL.

The Simpsons, berawal dari sebuah serial televisi yang rata-rata berdurasi kurang dari 30 menit, kemudian The Simpsons, pada 2007 lalu, mengalami perpanjangan durasi menjadi sekitar 87 menit. Yeah intinya, terciptalah "The Simpsons Movie" ini yang berhasil membuat saya terhibur dengan balutan naskah komikal dan komedi satire khasnya, sehingga membuat durasi 87 menit itu serasa sangat sebentar. Sebentar sekali. :)

Bagaimana tidak seperti itu, di The Simpsons Movie ini ada premis cerita yang absurd, ada serangkaian dialog pengocok perut, dan tidak lupa, ada parade komedi dan adegan yang kocak total dan tidak kalah absurd tentunya. Oh ya, The Simpsons Movie ini juga membuktikan dirinya bukanlah proyek yang asal-asalan karena ada Hans Zimmer yang mendampingi Danny Elfman sebagai composer dan penggarap soundtrack, serta scoring filmnya. Absurd dan Bermutu. :)

Mungkin tidak perlu penjelasan panjang lebar bagaimana __________-nya film ini (saya gak bisa menemukan apa kata yang pantas untuk menggambarkannya.) Pasti anda sudah tau akan seperti apa The Simpsons Movie ini. Jadi, Ok. Untuk anda yang belum nonton dan menjadi ingin nonton, "selamat menyaksikan." :)

5 comments:

  1. yg unik dari pilem kartun ini kalo menurut saya tuh "bentuk manusianya", haha ealah namanya juga pilem kartun! :p
    hadoh saya belum nnton mal, hii o.O

    *ohiya kabar sya damang, cuman plu doang. #elapingus# kabar kamu piye? :D

    ReplyDelete
  2. Aku lumayan ngikutin serial TV-nya dari film ini, tapi klo Movie-nya malah belum nonton.. Hem.. ternyata tentang pencemaran limbah tah? gak nyangka di AS limbah juga jadi masalah, kirain di Indonesia doank :)

    Btw, kok sama2 lagi ngereview film yak postingan kita hahaha...

    ReplyDelete
  3. lucu ya kalau nglihat dari gambarnya..

    ReplyDelete
  4. wah emang seru yah? saya nggak pernah nonton sama sekali

    ReplyDelete
  5. wah ada green day nya :D
    penasaran penampakannya green day dalam kartun simpson :D

    ReplyDelete