BLOG.MAKMALF

Words are breathing

Sunday, 5 February 2012

Some Reasons Why I Really Love "Radiohead" (UPDATED)

But I'm a creep..
I'm a weirdo..
What the hell I'm doing here?
I don't belong here..
(Radiohead - Creep)

Selain hobi banget nonton film, saya juga terlalu hoby mendengarkan musik. Dan berbicara tentang musik, Radiohead adalah band yang paling saya sukai dari dulu, jauh-jauh hari tahun. Tepatnya ketika MTV masih jaya-jayanya jadi satu stasiun tv khusus musik yang paling berpengaruh di dunia musik Indonesia. Kenapa saya bilang berpengaruh? Tidak akan saya jelaskan, karena akan terlalu jauh dari topik yang mau saya bahas. :D
Ya, pertama kali saya tahu Radiohead pada waktu masih SD, lupa kelas berapa. Pokoknya gara-gara waktu itu, anak-anak seumuran lain masih nonton Doraemon, saya sudah sering nonton acara-acara di MTV. Tapi, ya jaman SD, saya masih terlalu cupu untuk mengerti lagu-lagu Radiohead, jadi waktu itu hanya sebatas tau saja. Mulai sangat suka sebenarnya sejak SMA kelas dua, waktu itu internet sudah masuk rumah, kebetulan hobi nge-band jadi suka googling segala macam band. Bertemulah dengan Radiohead yang langsung pas kena di kuping saya. :D

Dan lagu pertama yang menjadi penanggung jawab kenapa saya begitu suka Radiohead adalah "Creep." :D
Liriknya yang sarat luapan emosi, keputusasaan, being loser, benar-benar jujur. Belum lagi noise-noise gitarnya si Johnny Greenwood dan teriakan panjang si Thom Yorke selalu bikin saya merinding, apa lagi pas nonton video live concert-nya. :)

Seterusnya, setelah mendengar "Creep" berulang-ulang kali waktu itu, akhirnya saya mencoba mencari hits-hits Radiohead lainnya, sebut saja seperti "No Surprises" dan "Fake Plastic Tree" yang sukses membuat saya semakin jatuh cinta  pada Radiohead. "No Surprises" lagunya galau galau gimana gitu, aransemennya sederhana banget, liriknya dalam banget, tentang seseorang yang ingin jauh dari keramaian, semacam alienasi diri, begitulah kira-kira. Bahkan saking enaknya, lagu itu masih sering saya dengarkan berulang-ulang sampai sekarang.

Selain itu, ada lagi beberapa hal yang membuat saya kagum pada band asal Inggris ini:

THOM YORKE yang mengisi bagian vokal dan sesekali sambil main gitar dan piano ini punya karakter suara yang  khas dan unik. Belum lagi ekspresi dan penghayatan dia terhadap lagu yang sedang dinyanyikannya, bener-bener selalu sukses bikin saya merinding.

JOHNNY GREENWOD di Radiohead ini kayanya menurut saya adalah orang freak kedua setelah Thom Yorke. Dia jago menciptakan arransemen yang selalu khas dan unik disetiap albumnya. Cara  dan gaya si Johnny bermain gitar itu sungguh sangat berbeda dari gitaris-gitaris lainnya. Dia juga jagonya dalam menciptakan sound-sound elektrik efek yang aneh. Oh ya, Om Johnny ini termasuk musisi multi instrumental juga, buktinya, dalam sekali manggung dia terlihat memainkan banyak macam alat musik, mulai dari gitar, piano, tom-tom sampai xylophone.

Menurut saya Radiohead adalah SEKUMPULAN ORANG-ORANG FREAK yang selalu bikin hal-hal yang gak kalah freak dalam setiap konser, video klip, dan lagu-lagu di albumnya. Freak disini bukan berarti hal yang negatif, tapi lebih ke nyeleneh dan diluar dugaan. Lihat saja video klip "No Surprises" ini, siapa yang akan nyangka kalau si Thom Yorke akan melakukan sesuatu hal diluar dugaan sebelumnya. Hitung saja, berapa menit dia nahan nafas di dalam air. Gila! Tidak cukup itu, kegilaan mereka ditunjukkan lagi dengan cara mereka menjual salah satu albumnya ("In Rainbow") yang terbilang baru, yakni pembeli lah yang sesuka hati menentukan harga albumnya, bukan dari pihak marketing resminya.

MUSIKNYA BUKAN MUSIK BIASA apabila dibanding dengan musik khas genre mainstream yang sekarang sedang menjamur. Ya meskipun memang musik di album pertama Radiohead  yang berjudul "Pablo Honey" adalah album dengan kumpulan musik yang terlalu biasa dan terkesan hanya pop rock biasa, tapi coba dengarkan album-album selanjutnya, mereka lebih terdengar jauh dari aliran mainstream, tapi anehnya malah lebih banyak orang yang menyukai musik mereka. Dengarkan "Fitter, Happier" mungkin teman-teman akan mengerti kalo musik mereka bukan sembarang musik. :)

Tidak sedikit dari lagu-lagu Radiohead yang mempunyai CHORD RUMIT DAN NADA-NADA MINOR YANG CAMPUR ADUK DAN UNIK, contohnya, "Paranoid Android" "My Iron Lung" dan "Just" serta masih banyak lagi tentunya. Bisa menemukan chord yang sesuai dengan lagu-lagu itu tentunya jadi kepuasan tersendiri. :)

ARANSEMEN MUSIK YANG MEGAH terdapat pada banyak lagu Radiohead. Dalam setiap lagunya, dinamika emosi yang naik turun bisa sangat terasa. Contohnya, dengarkan saja lagu "The National Anthem" yang beraransemen super megah. Dengarkan juga "Exit Music (For a Film)" atau "(Nice Dream)" dan masih banyak lagi yang lainnya.

Karena keunikan kreasi mereka, akhirnya, karya-karya musik mereka selalu menuai pujian dari berbagai pihak. Salah satunya adalah album "Ok Computer" dan "In Rainbow" yang dinobatkan sebagai salah satu album terbaik sepanjang masa dan meraih penghargaan sebagai Best Alternative Album pada ajang Grammy Awards. Dan pada Grammy Awards tahun ini juga, album terbaru "The King of Limbs" berhasil masuk 5 nominasi sekaligus, Best Alternative Music Album, Best Rock Performance dan Best Rock Song untuk lagu "Lotus Flower,"  Best Boxed or Special Limited Edition Packaged, dan yang terakhir adalah Best Short Form Music Video untuk lagu "Lotus Flower."

16 comments:

  1. Aku juga suka kok sama radiohead, tapi klo ditanya musik yang paling kusuka ya tetep jawabannya, Pearl jam sama YUI belum ada yang ngalahin haha... klo film sih semua hampir semua film aku suka, kecuali film nyanyi2 sama muter2 kaya film2 India 'n film pocong berseri kaya film Indonesia :)

    ReplyDelete
  2. waaaaaw! anak SD udah dengerinnya Radiohead? waktu saya SD saya malah dengerin cikita meydi hahahaha

    ReplyDelete
  3. blum pernah dengar lagux radiohead sih...
    karena ngepens banget sama Avril Lavigne... hehehe

    tapi dari review kamu, kykx keren ya? *masihnanyalagi*
    hehehe...

    ayo kita download lagu2 radiohead...^_^

    ReplyDelete
  4. Saya malah baru dengar hal ini sahabat
    Thanks sharenya yah

    ReplyDelete
  5. radiohead emang freak, mungkin penggemarnya juga freak

    ReplyDelete
  6. @Ferdinand: Berbagai jenis juga saya suka, ya sama sih. Kecuali yang itu tuh. :D

    @Inggit: Oh ia, SD juga saya dengerin Trio Kwek Kwek kok. :D

    @MIne and Me: Sangat keren. :D

    @Bayu: freakin awesome, bay.

    ReplyDelete
  7. yess, their songs incredible cool! #cmiww ;3

    ReplyDelete
  8. yess, their songs incredible cool! #cmiww ;3

    ReplyDelete
  9. yeap, their songs incredible cool! :D

    ReplyDelete
  10. salam creep n salam weirdo
    ^^

    ReplyDelete
  11. demi Tuhan, gue suka banget sama Radiohead. awalnya waktu gue SMA ga sengaja liat video clip nya Radiohead yg "There There", dan gue sadar klo itu adalah video yg suka gue tonton waktu SD di MTV. gue makin penasaran, gue cari lagu lagu Radiohead lainnya, banyak yg gue dapet, tapi yg paling paling gue suka adalah Paranoid Android, There There, Idioteque.
    pokok nya gue banget Radiohead, gue ga pernah bosen denger lagu lagunya.

    ReplyDelete
  12. Imam Masrur.Radiohead super ngeriiiiiii..........! semua lagunya buat gua tutup mata, glelengkan kepala !

    ReplyDelete
  13. mantap dah ni band apalagi yg karma police pertama kali denger langsung suka.Radiohead = jenius

    ReplyDelete
  14. mantap dah ni band apalagi yg karma police pertama kali denger langsung suka.Radiohead = jenius

    ReplyDelete
  15. Radiohead band yg jenius dan musik nya anti mainstream.yg karma police emang top lagunya.

    ReplyDelete
  16. mantap dah ni band apalagi yg karma police pertama kali denger langsung suka.Radiohead = jenius

    ReplyDelete