BLOG.MAKMALF

Words are breathing

Wednesday, 7 March 2012

Random Thoughts

Saya tahu bahwa yang paling penting dan menentukan derajat bagi diri seseorang di dunia ini adalah seberapa berguna dan berpengaruhnya dia bagi orang-orang yang ada di sekitarnya. Real-nya, berguna dan berpengaruh itu tentunya adalah dua hal yang sama tetapi bisa juga menjadi dua hal yang berbeda. Tergantung dari apa yang dilakukan, jika itu berguna bagi orang lain, maka itu juga berpengaruh baik bagi orang lain. Sebaliknya, jika itu tidak berguna bagi orang lain, positifnya, itu tidak akan berpengaruh apa-apa bagi orang lain, negatifnya, itu malah justru akan berpengaruh buruk bagi orang lain. Berguna, tidak berguna, berpengaruh, dan tidak berpengaruh itu hanyalah gara-gara ada orang lain di sekitar kita yang terus berhubungan dengan aktifitas kita secara langsung. 

Saya tahu bahwa manusia ini adalah makhluk sosial yang selalu membutuhkan kehadiran orang lain dalam hidupnya dan matinya. Ya, dan matinya. Ini real memang. Positif maupun negatif, semua orang saling mempengaruhi satu sama lain. Berguna atau tidak berguna, semua orang melakukan segala hal untuk menjadi seseorang yang berpengaruh. Semua manusia normal tidak akan mengingkarinya. Dan sesuatu bisa dikatakan normal karena sesuatu itu memang dilakukan ataupun dialami oleh banyak orang secara natural. Normal dan tidak normal itu bisa saja positif ataupun malah negatif. Ya lagi-lagi, semua itu tergantung pada sesuatu hal yang ternyata sesuatu hal itu juga bergantung pada hal lain dan hal lain serta banyak lagi hal lainnya. Seakan tiada ujung dan menjadi semacam alasan logis kenapa kita melakukan dosa sekalipun. Oh ya.. Salah dan benar itu memang sangat tipis batasnya. 

Semacam pointless memang. 

4 comments:

  1. hmm, jadi bingung bacanya, hehe..
    tapi begitulah manusia, tidak ada habisnya kalau di bahas..

    ReplyDelete
  2. Gampang-gampang susah ngambil intinya mal hehe, tapi gue ngerti kok. Manusia dibumi ini macem-macem sifat dan perilakunya. Bener yang lo tulis "Berguna, tidak berguna, berpengaruh, dan tidak berpengaruh itu hanyalah gara-gara ada orang lain di sekitar kita yang terus berhubungan dengan aktifitas kita secara langsung" B))

    ReplyDelete
  3. saling berkaitan terus menerus ya :P gak mudeng saya hehe

    ReplyDelete