BLOG.MAKMALF

Words are breathing

Saturday, 24 March 2012

Resensi Film: "Dark City" [1998]

Sebuah kota yang selalu diselimuti oleh kegelapan, begitu gelap dan sangat pekat oleh misteri yang juga ikut menyelimuti kota tersebut. J. Murdoch tidak pernah tahu apa yang sebenarnya terjadi pada dirinya, ketika sekelompok orang-orang misterius mengejar dirinya, seakan ingin membunuhnya. Murdoch hilang ingatan, dia tidak tahu siapa dirinya, bahkan dia tidak tahu apa kepanjangan huruf J. yang ada pada namanya tersebut, dia tidak tahu istrinya, yang dia tahu hanyalah bahwa dia mendapati dirinya secara tiba-tiba memiliki kekuatan pikiran yang sangat kuat sehingga bisa mengendalikan benda di sekitarnya. Berbekal petunjuk yang dia dapat, Murdoch pun mencari tahu siapa dirinya dan apa yang sebenarnya terjadi pada kota yang sama sekali tidak pernah disinari oleh matahari itu.
Ya benar, siang hari tidak pernah terjadi di kota itu. Setiap jam 12 malam, warga kota dibuat tertidur oleh sekelompok makhluk asing penguasa kota tersebut. Mereka mempermainkan ingatan dan memori yang ada di otak seluruh warga kota itu, mencabutnya, mencampuradukkannya, dan menggantikannya dengan memori dari otak warga lainnya yang ada di kota itu. Murdoch sala satu korbannya, tapi beruntungnya, tanpa sebab yang jelas, Murdoch malah mewarisi kekuatan dari para makhluk asing itu, dan dengan kekuatan itu Murdoch mengungkap misteri yang menyelimuti kotanya itu satu persatu. 

"Dark City" adalah sebuah film misteri yang mengingatkan saya pada konsep memori dan mimpi versi Nolan yang dituangkannya dalam "Inception." Bedanya, Inception menanamkan ide baru pada seseorang melalui mimpi, sedangkan Dark City ini mencabut memori dan ingatan seseorang serta menggantinya dengan yang baru atau dengan "bekas" memori dari ingatan orang lain dengan cara penyuntikan langsung ke otak! Sedikit lebih absurd dan sadis memang. :D . Dan disamping itu, setting kotanya yang penuh dengan kegelapan itu juga mengingatkan saya pada "The Crow. 

Kenikmatan menonton film bergenre misteri memang seharusnya seperti ketika menonton Dark City  ini. Meninggalkan sejuta pertanyaan penuh misteri kepada penonton bahkan sejak scene-scene awal ditampilkan di layar, menujukkan clue-clue yang sebenarnya penonton tidak menyadari sama sekali bahwa itu adalah clue sampai ketika bagian cerita bergulir pada penjelasan serta jawaban dari semua misteri itu.  Ketika misteri sudah terbuka di ending maka tidak ada pertanyaan lagi yang tidak bisa terjawab. Dan tentunya jawaban dari misteri ceritanya itu harus lah mengejutkan karena shocking is awesome! Dan Dark City mampu mengemban tugasnya sebagai film misteri dengan baik. 

Aroma kepekatan misteri sudah sangat terasa bahkan sejak menit pertama film dimulai. Kita sama sekali tidak diberi tahu siapa sebenarnya J. Murdoch itu, dan apa yang terjadi pada warga-warga dengan kotanya itu. Tapi seiring berjalannya cerita, kita diajak bersama Murdoch untuk menyingkap semua tabir misteri itu satu persatu. Di mulai dari siapa itu Murdoch sebenarnya, sampai apa sebenarnya yang menjadi motivasi para makhluk asing mempermainkan memori dan ingatan setiap warga kota itu. Dan yang paling mengejutkan adalah ketika kita tahu apa sebenarnya Dark City tersebut! 

Satu hal lagi yang sangat saya suka dari film ini. Setting kotanya yang benar-benar dibuat dengan gelap, sangat pekat. Nuansa gothic sangat terasa dengan kental. Sampai-sampai saya sangat merasa lega ketika akhinya ada sedikit scene yang cerah dengan pancaran sinar matahari. :)

Kejutan dan tabir gelap misteri Dark City memang menjadi sajian utama dari film ini. Dan jangan lupa juga bahwa ini adalah film fantasi yang menanggalkan logika penonton dengan sangat jauh alias sama sekali tidak masuk akal. Wajar-wajar saja memang karena sepertinya tujuan film ini dibuat hanyalah murni untuk hiburan. Jadi tinggalkan sejenak logika anda, dan bersiap-siaplah terkejut dengan apa yang terjadi dibalik kegelapan Dark City itu. :)

3 comments:

  1. wow, misteri cuy. gothic abiz pula. kayaknya seru nih.

    hm, sya klo denger/baca nama murdoch koq sllu ingat kapten kapal titanic yah. :)

    ReplyDelete
  2. kayaknya kudu bawa senter ni pas nonton, hehe...

    ReplyDelete
  3. suka kalau nonton film misteri gini :D kayaknya jg bagus :D

    ReplyDelete