BLOG.MAKMALF

Words are breathing

Sunday, 29 April 2012

Review iPod Touch 4G White Edition

Saya sengaja baru sekarang-sekarang ini membahas iPod Touch saya, karena mungkin akan lebih objektif dibandingkan ketika saya baru saja memiliki iPod Touch ini. 

Waktu itu, 15 Desember 2011 akhirnya saya bisa membeli iPod Touch putih ini, sampai sekarang masih berfungsi dengan normal dan belum pernah mengalami masalah yang berarti selama hampir 4 bulan ini. Working well just like the first time I touched it. :) Tapi walaupun begitu, saya belum pernah kepikiran untuk menjual iPod Touch ini. Why

Silakan baca beragam alasannya di bawah ini.

KEMASAN DAN PAKET PENJUALAN
Kita mulai dari box nya dulu. Brand new iPod Touch ini ternyata hanya terdapat dalam sebuah box kemasan kecil yang berukuran tidak jauh lebar dan panjang dari iPod Touch-nya sendiri. Minimalis. Di dalam paket penjualannya ada iPod Touch, Finger Tips, kabel konektor ipod ke usb, earphone, lembar kecil important guide, dan dua buah stiker logo apple. Kartu garansi? Tidak ada, karena garansi berlaku secara on-line dimulai saat pertama kali kita menghubungkan iPod Touch ini dengan internet dan imei sudah terdaftar dengan otomatis. Jadi untuk mengecek sampai kapan garansi iPod Touch kita berlaku, gampang saja karena tinggal cek dan masukan imei nya di situs resmi Apple.
Kesimpulan. Minimalis dan tidak ribet.

DESIGN
Sangat tipis dan sangat minimalis. Saking tipisnya, teman saya pernah bilang dan khawatir kalau iPod Touch ini bisa saja potong disaku celana jeans saya, tapi tenang, materialnya terbukti kuat dan kokoh. Ada stainless steel dibagian belakang bodynya yang sayangnya sangat rentan tergores dan sensitif terhadap permukaan yang kasar, tergores sedikit langsung berbekas. Saran saya, beli iPod Touch langsung beli juga plastik pengaman untuk bagian belakang bodynya + layarnya.
Kesimpulan. Beauty is simplicity. :)

Di bodynya hanya terdapat 4 tombol. 2 tombol disebelah samping sebagai pengatur volume suara, 1 tombol dibagian atas body sebagai tombol kunci/power off/power on, 1 tombol dibagian bawah body merupakan tombol utama, semacam softkey, untuk keluar dari aplikasi dan kembali ke home menu, menekannya dua kali secara cepat akan memunculkan aplikasi yang aktif di belakang layar, menekan dan menahannya akan mengaktifkan fitur voice command. Tekan tombol home bersamaan dengan tombol lock untuk screenshot.

TAMPILAN LAYAR
Didukung dengan retina display yang sangat menakjubkan untuk saat ini. Resolusi layar iPod Touch 4G ini entah berapa, saya tidak tahu, yang jelas sangat besar dan tidak terlihat sama sekali adanya dot-dot pixel yang membentuk layar seperti di layar media player/handphone kebanyakan. 

Layar sentuhnya juga sangat responsif dengan tingkat ketelitian respon sentuh yang sangat tinggi. Artinya, objek yang kita sentuh dan drag, misalnya icon di menu, akan bergerak sangat sesuai dengan tuntunan sentuhan jari kita diatas objeknya. Jadi kesenangan tersendiri ketika menggeser-geser home screen iPod Touch iOS 5.0.1 ini. (Sekarang sudah update ke iOS 5.1.1)

Tingkat kecerahan layarnya juga bisa dengan mudah kita atur sesuai preferensi kita dan bahkan kita bisa mengesetnya ke otomatis. Artinya, tingkat kecerahan akan diatur secara otomatis berdasarkan intensitas cahaya yang diterima oleh layar iPod Touch ini. Kalau diluar terlalu terang oleh sinar matahari, maka layar iPod Touch ini dengan sendirinya akan ikut lebih cerah sehingga tetap dengan mudah kita gunakan dibawah terik sinar matahari sekalipun. Dan begitu pula sebaliknya, untuk menghemat batere, iPod Touch ini akan mengurangi tingkat kecerahannya ketika digunakan ditempat yang berintesitas cahaya sedikit atau gelap. 

Tampilan homescreen yang simple tapi tetap enak dipandang, perpindahan antar muka sangat sangat smooth alias tanpa lag. Dan apabila kita menggeser terus menu kesebelah kanan sampai mentok, ada fitur pencarian yang bisa digunakan untuk mencari seluruh konten, baik itu e-mail, musik, game, kontak, dan semua aplikasi yang ada di iPod Touch itu. Fitur pencarian sangat membantu kita apabila iPod diinstal terlalu banyak aplikasi. 

Main game 3D? awesome, minim lag, and so much fun
Kesimpulannya, dari segi layarnya jangan pernah diragukan, the best dari media player kebanyakan. Nothing but awesome. :)

MUSIK
Saya pernah mendengar bahwa iPod diciptakan untuk merubah cara orang mendengarkan musik dan membantu seseorang untuk membawa ribuan musik kesukaannya kemanapun ia pergi. Jadi begitu juga dengan iPod Touch ini. Tujuan utama saya membeli iPod Touch ini yaitu untuk mendengarkan musik favorit saya + bonusnya tanpa terganggu dengan sms bomb yang suka tiba-tiba masuk saat saya sedang enak-enaknya mendengarkan musik. HP dan pemutar musik harus berpisah. Menurut saya. :) 

Dari sektor music playernya, bisa  dikatakan lumayan memenuhi kepuasan saya untuk mendengarkan setiap file mp3 favorit. Tapi jangan pernah memainkan mp3 dengan bitrate yang sangat kecil atau dibawah 128 kbps atau anda bisa saja mendengarkan iPod Touch ini seperti halnya player murahan lainnya. (Note: murah belum tentu murahan. Mahal belum tentu berkualitas tidak murahan.). iPod Touch + earphone putihnya itu baru akan mengeluarkan kemampuan aslinya ketika kita memainkan file mp3 dengan kualitas bagus (max 320 kbps). Tapi sayangnya, pemutar music bawaannya ini hanya bisa memutar file wav, mp3, aac, dan aiff saja. File audio lossless semacam flac tidak bisa dimainkan dengan music player bawaan dari iOS nya ini. 

Pengelompokkan lagu di music player iPod ini pada prinsipnya sama seperti hp soner saya, yaitu mengelompokkan lagu berdasarkan tahun rilis, genre, dan artist. Kita juga bisa dengan mudah dan bebas membuat playlist sendiri. 
Kesimpulannya, dari segi sound quality, iPod Touch ini tidak perlu diragukan lagi apalagi kalau dikombinasikan dengan earphone upgrade-an. :D

Dengan bantuan aplikasi iTunes, music player ini memiliki banyak fitur yang bisa digunakan, seperti menambahkan artwork, memasukkan lirik, dan membuat genius playlist.

Bagaimana dengan kualitas suara dari earphone bawaan-nya? Pertama kali mendengarkan saya tidak begitu suka dengan karakter suaranya yang agak cempreng dan penuh dengan sibilant dimana-mana, tetapi tetap masih jauh bagus daripada earphone phillips (entah tipe apa) waktu itu. Setelah burn in normal selama kurang lebih 4 bulan ini, akhirnya telinga saya bisa memutuskan bahwa earphone bawaan dari iPod ini lumayan bagus, detail cukup, kuantitas bass yang dihasilkannya banyak dan bertenaga, bass sangat menonjol meskipun boomy dan tidak deep. Trebel mendem dan suaranya kurang jernih. Stagging? tidak ada. Isolasi? lumayan, suara bising dari luar tidak terlalu masuk. Earphone favorit saya untuk dipakai di bis atau di angkot. :D

Oh ya, di bagian bawah body ada satu speaker kecil. Kualitasnya? Sangat jelek. :D Volume suara yang dihasilkannya dengan setting volume maksimal terlalu sayup-sayup untuk telinga saya, suaranya cempreng juga. Dengan kualitas speaker yang di bawah rata-rata itu, saya sama sekali tidak pernah menggunakannya untuk mendengarkan lagu. Masih enak menggunakan earphone putih bawaannya, of course. :)

VIDEO
Dengan dukungan retina display yang menakjubkan, nonton video atau pun film di iPod Touch ini terasa lebih enak dibandingkan nonton video ataupun film di laptop Toshiba Satelite Pro saya. Dengan catatan harus nyaman dengan layar yang jauh lebih kecil. Gambarnya, benar-benar mantap. Halus dan jernih. Sangat-sangat puas, meskipun hanya mendukung file video berformat mp4 dan mov saja. Tapi it's okay, karena ada player video lain yang bisa di download dan di instal di iPod Touch ini, yang tentu saja dengan dukungan format video yang lebih banyak. :)
Kesimpulannya, sektor ini sangat memuaskan dan sangat memanjakan mata. :)

APLIKASI BAWAAN
iPod Touch 4G white yang saya beli ini sudah didukung dengan iOS 5.0.1 didalamnya, jadi fitur-fitur utama iOS 5 seperti Facetime (video call untuk sesama iDevice), iMessage, notifikasi layar slide atas seperti android, dan reminder, serta voice memo (perekam suara). Semuanya dapat kita gunakan dengan mudah. 

Untuk Facetime dan iMessage sudah pernah saya jajal dengan menggunakan koneksi internet wi fi. iMessage sangat lancar, begitu juga dengan Facetime. Ada reminder, dan Voice Memo, mereka sangat bermanfaat sekali bagi saya yang masih kuliah. Tidak ada yang mengecewakan untuk sektor ini. 

Oh ya, ada kekurangan fatal yang saya temui di aplikasi kalkulator bawaan iOS 5 ini, yaitu tidak bisa menghapus karakter yang diketik lebih awal atau di-backspace. Sangat menyulitkan bagi saya yang waktu itu belum terbiasa dengan perangkat berbasis layar sentuh seperti ini. Tapi tenang saja, ada banyak beragam aplikasi kalkulator di app store  yang mempunyai fitur lebih lengkap dan lebih bagus yang bisa kita download secara gratis atau berbayar. 

Kesimpulannya, aplikasi bawaan tidak terlalu banyak, tapi tetap bermanfaat dan bisa digunakan dengan mudah. Didukung dengan ribuan aplikasi yang bisa didownload dari app store via iTunes seperti game dan aplikasi lainnya yang gratis maupun yang berbayar, menjadikan iPod Touch ini sangat worth untuk dimiliki dan berguna untuk hobi dan pekerjaan kita. 

INTERNET
Dengan hanya berbekal wi fi receiver, iPod Touch ini bisa digunakan untuk browsing internet menggunakan beragam pilihan browser yang didukung oleh iOS seperti Opera Mini. Tetapi, saya rasa, Safari sebagai browser bawaan iOS ternyata lebih baik dari browser yang lain, kemampuan menampilkan seluruh konten yang ada dalam sebuah halaman website bisa dilakukan oleh Safari dengan maksimal, dan itu bukan halaman web versi mobile tentunya. :)
Tetapi, Safari juga memiliki bug yang fatal, yaitu sering tiba-tiba hang dan berhenti serta exit sendiri ketika kita sedang menggunakannya. Tapi, tidak  apa-apa, karena error itu ternyata tidak berpengaruh kepada iOS secara keseluruhan, artinya errornya hanya ada pada Safari sendiri. 

Kesimpulannya, wi fi bisa diandalkan apabila kita masuk di area hotspot dengan dukungan beragam browser  pilihan yang didukung oleh iOS. Ya daripada nganggur, mending dengerin lagu sambil internetan kan? :)

BATERE
iPod Touch ini memiliki daya batere yang sangat bagus apabila hanya digunakan untuk mendengarkan musik. Saya pernah mencoba memutar musik dengan iPod Touch ini nonstop selama 7 jam pada kondisi awal batere full charge, sesudahnya hanya berkurang tidak lebih dari 25%. Great. Tapi, pengecualian untuk main game apalagi game 3D. Main game 3D di iPod paling banter cuma bertahan kurang dari 1 jam dari kondisi full charged sampai 20 %. Untuk wi fi, saya pernah tes bisa sampai 4 jam, dari kondisi awal full charged sampai 20 %. Untuk saya yang kurang begitu suka berlama-lama main game di iPod ini, daya batere iPod ini bisa dikatakan sangat hemat dan cocok untuk dibawa bepergian kemanapun tanpa risau kehabisan batere, sehingga tidak perlu juga bawa-bawa charger iPod. :)

Untuk tips perawatan batere iPod ini banyak sekali sumbernya di internet, silakan googling saja. Tapi yang jelas, jika anda ingin batere iPod anda awet silakan gunakan sebijak mungkin, jangan terlalu lama main game 3D, kurangi brigthness layarnya, dan segera charge kalau batere sudah tinggal 40%, jangan nunggu sampai baterenya mati. :)

FITUR LAIN
Tidak bisa disangkal, bahwa dukungan beragam aplikasi di app store yang kini jumlahnya ribuan itu sangat menambah sekali kegunaan dari iPod Touch ini. Apalagi kalau udah di jailbreak, iPod Touch kita bisa kita modifikasi dengan mudah, meliputi penambahan fungsi tombol yang ada sampai bisa dengan mudah menginstal dan menggunakan aplikasi bajakan, merubah tampilan menu, dan lain sebagainya. 

Di bawah ini beberapa aplikasi favorit saya yang bisa digunakan di iDevice berbasis iOS. Dan juga merupakan alasan kenapa saya tidak pernah lepas iPod Touch ini.

iBooks
Aplikasi resmi dari Apple untuk membaca ebook (*.epub) sama pdf ini memang paling bagus di antara aplikasi sejenis yang lain. Puas sekali dengan fitur-fitur yang ada di dalam aplikasi ini. Ada kamusnya juga, penanda halaman, sampai tampilan kertas virutalnya yang bisa kita sesuaikan sesuai preferensi kita. Mantap pokoknya. :)
VTT Pro
Game tenis meja ini sangat menyenangkan untuk dimainkan, dengan kontrol yang menurut saya sangat unik, yaitu tinggal menangkis bola seperti halnya kita berolahraga tenis meja asli. Cuma bedanya, disini kita menangkis bola menggunakan jari. :D


Office2
Punya fitur seperti microsoft office, cuma ini lebih ke fitur yang essensial, seperti membuat dokumen doc, membuat slide presentasi, dan membuat dokumen excel.

Instagram
Pengguna android juga sekarang sudah bisa menggunakan aplikasi ini. Lumayan untuk mendukung hobi photography kecil-kecilan saya. :)

iAngklung dan Gamelan
Kebetulan ikut UKM kesenian daerah, jadi saya sangat terbantu dengan aplikasi ini. Penggunaan dari aplikasi ini sangat unik, khususnya iAngklung, tinggal pilih angklung nada apa saja yang digunakan, kemudian iPod Touch-nya getarkan, berbunyi seperti bunyi angklung. Cool.


Kamera dan Perekam Video
Jangan salah, iPod Touch juga memiliki kamera depan dan belakang, ya meskipun resolusinya sangat jelek, sangat sangat jelek. Tapi tetap bisa digunakan, tergantung kreatifitas kita juga, bisa memaksimalkan yang minimal nggak? :) Oh ya, untuk perekam videonya itu ternyata berkualitas HD 720p. Kegiatan rekam merekam video dadakan bisa diserahkan pada iPod Touch, dengan catatan memaklumi stabilizernya yang payah dan hasil videonya yang meskipun berdurasi beberapa menit tapi bisa jadi beratus-ratus MB.
Hasil kamera iPod Touch

Masih banyak lagi yang tidak bisa dijelaskan disini, seperti Garage Band untuk membuat komposisi musik dan lagu dengan sangat mudah dan menyenangkan, Reckless Racing game balap-balapan dengan sudut pandang kamera yang unik, yaa dan sebagainya. Sangat disarankan untuk dimiliki, apalagi yang iPhone wannabe berkantong tipis. :D
____________________________________________________________
SIDE THINGS ABOUT IPOD 
Berbekal kabel transfer data bawaan dengan interface USB 2.0, transfer lagu dan sinkronisasi via iTunes dari PC ke iPod ini berlangsung lumayan cepat,  Segala macam konten yang ada dalam iPod Touch ini bisa kita atur secara mudah dengan aplikasi iTunes yang kita instal di komputer, meliputi aplikasi, musik, video, foto, ebook sampai kontak e-mail rekan kita. Mudah sekali, saya tidak perlu berlama-lama untuk menyesuaikan diri dengan sistem manajemen konten iPod yang bisa dibilang unik ini, karena berbeda dengan media player kebanyakan. Praktis dan mudah, intinya. :)

Tapi tentu saja metode manajemen konten seperti ini mengharuskan semua orang yang memiliki iPod  minimal mempunyai PC + iTunes yang sudah terinstal di komputernya itu. Kalau tidak, ya siap-siap saja repot, karena hanya untuk menambahkan file lagu saja misalnya, anda tidak bisa menggunakan windows eksplorer (untuk pengguna windows) seperti media player atau hp kebanyakan. Meskipun iPod Touch ini juga memiliki bluetooth, tapi jangan berharap banyak darinya, bluetooth di iPod Touch ini telah diset untuk hanya bisa berkomunikasi dengan sesama bluetooth dari iDevice (produk Apple) lain, jadi jangan harap bisa tukar-tukaran lagu dengan teman anda secara mudah apabila anda memakai iPod Touch ini. Jailbreak satu-satunya jalan yang bisa anda gunakan apabila ingin lebih bebas menggunakan iPod ini. :) 
___________________________________________________________

Inti dari semua penjelasan di atas, iPod Touch berimbang dari segi entertainment nya maupun segi fungsional lainnya yang lebih serius. Worth untuk dimiliki oleh semua orang dengan beragam hobi dan kegiatan kesehariannya. Tapi jangan lupa, biar lebih nikmat menggunakan iPod Touch-nya, sebelum berniat membeli iPod Touch ini, pastikan dulu anda sudah memiliki PC + aplikasi iTunes-nya ya. :p

So now, found the reason, eh? :)

21 comments:

  1. wah ulasan yang lengkap banget..
    ga coba aplikasi siri katanya udah bisa di ipod touch 4G..

    ReplyDelete
  2. @Hendra: Ia tapi gambarnya belum lengkap. :D Udah nyoba sih, tapi ya gitu deh. Ga enak, ga tau saya yg pengucapan englishnya yg jelek, ga tau apa si SIRI-nya budeg. :D

    ReplyDelete
  3. di kantor lagi pada dapat iphone 4GS.. pada nyobain siri juga. hehehe..
    keren ya.. seandainya saya punya

    ReplyDelete
  4. @Meutia: iPhone ya? andai juga kalo saya punya, harga itu, selangiiiit. :D

    ReplyDelete
  5. sya klo liat/ baca info2 gadget macam gini. bawaannya pengen punya juga. apa daya duit tak adeh. T,T

    ReplyDelete
  6. @Accilong: ia juga sih, tapi kebetulan pas waktu itu dapet semacam hadiah gitu, yaudah langsung beliin ini. :D

    ReplyDelete
  7. kapan yaa ada award hadiahnya iPod, haha *ngarep*

    ReplyDelete
  8. speknya emang mantap gan.,
    salam kenal
    ditunggu follbeknya
    blogwalking ''' :))))

    ReplyDelete
  9. mantepp,. masi banyak gan buat infonya,. salam kenal ajj,..!!!

    ReplyDelete
  10. belom punya.
    masih HP biasa...

    :(

    ReplyDelete
  11. mantep ulasannya mal, :))
    kalo saya mah yg penting batere nya nggak cepat low (pssttt, males ngecas soalnya) :p

    ReplyDelete
  12. Kenapa ya, kalo lagi buka aplikasi di ipod sering keluar sendiri gitu. Terutama instagram? Kalo bisa dijawab ya:)

    ReplyDelete
  13. Kenapa ya, kalo lagi buka aplikasi di ipod sering keluar sendiri gitu. Terutama instagram. Sering lemot gitu. Tolong dijawab ya solusinya:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga seriing ngalamin kasus kaya gitu, itu biasanya gara2 banyak aplikasi yang kebuka dalam waktu yang bersamaan. Tahan tombol home, terus hold icon aplikasinya, close satu2.

      Delete
  14. hai gan minta password ipod nya dong

    ReplyDelete
  15. gan minta password ipod nya dong saya udh 45 kali gagal trus nih s dari kerawang alam kenal ja y dede

    ReplyDelete
  16. hai gan minta password ipod nya dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin maksud Si Bro bukan password iPod ya, tapi password Apple id. Kalo kelupaan atau memang tidak tau passwordnya, bisa bikin ulang lagi aja Apple ID-nya. Ke situs apple-nya aja bro. :)

      Delete
  17. maaf, mau tanya sebelumnya. menurut mas, iPod 4G 8GB itu cukup ga sih untuk 10-13 games? ditambah dengan 200lagu dan ratusan foto. belum termasuk appsnya. mau beli yang 32GB, uangnya tidak mumpuni hehe. makasi sblmnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo kompresi lagunya 320 kbps (kualitas yang layak denger di iPod) semua itu gak cukup, belum lagi game yang bagus di iPod kebanyakan gede-gede, saya juga sering ngehapus aplikasi-aplikasi gara-gara gak muat. FYI: kapasitas aktual iPodnya itu cuma 6,8gb loh. :)

      Delete
  18. maaf mas, mau tanya. menurut mas iPod 4G 8GB itu cukup ga? kira2 bisa diisi berapa games, foto dan lagu2? soalnya menurutku udah banyak sih segitu tapi takut nanti kurang. sedangkan untuk beli yg 32GB ga cukup uangnya hehehe

    ReplyDelete