BLOG.MAKMALF

Words are breathing

Wednesday, 16 May 2012

Resensi Film: You are The Apple of My Eye [2011]

Sahabat merupakan tempat semua cerita duka dan suka terjadi. Semua itu menjadi kenangan yang tidak akan pernah bisa terlupakan sampai kapanpun. Termasuk zaman SMA. Banyak yang bilang bahwa masa SMA merupakan masa yang paling indah dalam sepanjang umur hidup manusia. Klise memang, tapi paling tidak, ungkapan itu bukan omong kosong belaka karena cukup terbukti. Terutama bagi 5 sahabat yang sedang mengalami masa-masa SMA ini, kadang penuh kenakalan, penuh gejolak, penuh kemalasan, dan tentu saja penuh cinta. Kelima sahabat itu sama-sama menaksir siswi teman sekelas mereka yang cantik dan pintar. 
Banyak cerita tentang kebersamaan yang mereka lalui bersama hingga sampai mereka berpisah setelah lulus SMA dan mengejar karir masing-masing. 

_________________________________________________
Tidak ada yang baru memang, sama seperti romcom remaja kebanyakan. Tidak ada premis yang bisa dibilang fresh, tidak ada plot yang unik, pokoknya biasa saja kalau kita melihatnya dari segi teknis semacam itu. Jadi acuhkan saja keklisean itu, karena banyak hal yang spesial ada di film ini. Dengan latar belakang kultur anak SMA Taiwan yang tidak jauh berbeda dengan anak SMA Indonesia kebanyakan, kita seakan-akan menonton  diri kita sendiri ketika zaman SMA dulu, zaman-zaman yang masih penuh gejolak, sehingga tidak jarang memberontak dan melawan guru, dihukum oleh guru dan tentunya naksir teman sekelas. :D

Semua hal seputar apa yang biasanya dilakukan oleh seorang anak SMA dan teman-temannya kebanyakan baik itu di kelas (exclude, onani di kelas) dan di luar sekolah pun semuanya lengkap diceritakan di sini. Diramu menjadi sebuah drama coming-of-age yang menceritakan perjalanan hidup mereka sampai meniti karirnya masing-masing. 

Banyak adegan-adegan dan dialog serta monolog yang absolutely touching your deepest heart, karena begitu manis sekaligus menyedihkan juga. [SPOILER!] Oh ya, belum lagi eksekusi endingnya yang manis tapi sekaligus menyedihkan itu. Tapi walau bagaimanapun, endingnya memang harus seperti itu, ending yang adil dan tidak dipaksakan sama sekali. :) [SPOILER ENDS]
Ya beginilah memang, kalau kita sudah terlalu menyukai film yang kita tonton, bahkan menganggap bahwa film yang kita tonton barusan itu ternyata sangat personal bagi kita, maka dengan mudahnya kita akan mengacuhkan segi teknis bagaimana sebuah film bagus itu seharusnya dibuat. Dan setelah kita dibuat terbawa hanyut oleh aliran cerita di film yang kita tonton itu, maka kita akan sangat kesusahan untuk mencari-cari kekurangan dari film itu, baik dari segi akting para pemainnya dan tektek bengek lainnya seputar hal teknis macam itu. 

Cukup simple memang, apabila tidak terlalu pintar membuat segala macam hal teknis yang seharusnya ada dalam film yang bisa dikatakan bagus oleh semua kritikus film yang kadang sok tahu itu, maka cukup lah buat sebuah film yang personal bagi setiap penontonnya. Actually, it's working. Just like this film, "You are the apple of my eye."

22 comments:

  1. apakah ini mirip2 crazy little thing called love kah ? tapi versi laki2 ? hehe
    #soktaumodeON :D

    ReplyDelete
  2. @Faizah: Kalo film itu sih belum nonton, jadi gak tau. Tapi yang ini seru, nonton ya. :D

    ReplyDelete
  3. Wah dari judulnya unik :)
    sial... sy terhipnotis mendonlodnya sekarang.
    Bismillah. semoga lancar...hhe thanks reviewnya :)

    ReplyDelete
  4. sbnrnya saya tidak terlalu suka menonton film mandarin sih (eh, bener g nih). sm, sprtnya kisahnya menarik. tapi ga tau mau dunlud dmn :D

    ReplyDelete
  5. Pemainnya ada boboho, tapi dia tak seunyu waktu masih kecil. -___-"

    Salam kenal...

    ReplyDelete
  6. Kunci keberhasilan adalah menanamkan kebiasaan sepanjang hidup Anda untuk melakukan hal - hal yang Anda takuti.
    tetap semangat tinggi untuk jalani hari ini ya gan ! ditunggu kunjungannya :D

    ReplyDelete
  7. pakeannya rada mirip gaya pakaian anak sma indo ternyata. beda sama jepang mda korea yg mirip2 sailor moon. :)

    hm, sepertinya mmg mirip2 crazy thing called love tp versi laki.

    ReplyDelete
  8. kunjungan gan .,.
    Belajarlah untuk bisa menerima sesuatu yang baru.,.
    di tunggu kunjungan balik.na gan.,.

    ReplyDelete
  9. filmnya muantab

    ReplyDelete
  10. bukan hongkong..tapi Taiwan!!

    ReplyDelete
  11. film na mengharukan jga...
    hahhaha

    ReplyDelete
  12. keren buangettt hahahahaha

    ReplyDelete
  13. nyesekkkk banget :')

    ReplyDelete
  14. ngingetin waktu sma banget

    ReplyDelete
  15. ini fim emang keren.
    salah satu quotes di film yang aku banget.

    "selamat menempuh hidup baru, masa remajaku"

    ReplyDelete
  16. keliatannya sih kaya film thailand a little crazy think called love, tapi kalo ini versi cowonya. Jadi penasaraan

    ReplyDelete
  17. ya tapi di film a little crazy think called love bisa dibilang happy ending,tapi film ini bisa dibilang sad ending namun terkandung happy ending,tapi apapun endingnya film ini berhasil menyesakkan ati gue:D
    quote terbaik menurutku

    “Ketika kamu sangat-sangat menyukai seseorang, lalu ketika ada seseorang lain yang mengasihinya, mencintainya, maka kamu akan benar-benar dari hati yang paling dalam mendoakan dia bahagia selamanya.”

    ReplyDelete
  18. “Ketika kamu sangat-sangat menyukai seseorang, lalu ketika ada seseorang lain yang mengasihinya, mencintainya, maka kamu akan benar-benar dari hati yang paling dalam mendoakan dia bahagia selamanya.”

    ReplyDelete
  19. keren banget filmnya,nyesek banget gue nntnnya

    ReplyDelete
  20. keren banget gue sampe nangis,seruan ini dri pada a little thing called love

    ReplyDelete

You can find the words even more in the cave of my words archive. Or you just type anything as you wish at the form below, if you're looking for some other words in my blog.