BLOG.MAKMALF

Words are breathing

Saturday, 2 June 2012

Alasan Kenapa Saya Lebih Suka iPod Dibanding DAP Lain

Sebenarnya kurang penting juga sih, tapi gak ada salahnya meskipun hanya selewat ide yang barusan muncul di otak ini saya coba tuangkan di blog. :)
Ada banyak pemutar file audio/media player, di forum-forum audiophile sering disebut digital audio player (kesananya ditulis DAP) yang beredar di pasaran, mulai dari yang murah dan murahan, murah tapi gak murahan (kerhor gitu), mahal tapi murahan, sampai mahal dan berkualitas tinggi. Dan yang saya ingin bahas di sini adalah pengalaman saya sebelum, sedang, dan sesudah memakai ipod touch 4g
Sebelum memakai ipod touch, DAP yang saya sering gunakan adalah Sony Ericsson Cedar. Suaranya lumayan lah, apalagi setelah saya modding audio file systemnya, hasilnya lebih terdengar bagus lagi, dan lebih bertenaga. Tapi tetap ada gak enaknya, entah kenapa, hp Soner Cedar ini ketika saya sedang memainkan lagu lewat earphone, walaupun sudah saya set ke silent, tapi pas ada sms masuk, lagu langsung mati dan dipotong oleh nada dering sms, tentu itu sangat menganggu kenyamanan. Makin merasa tidak nyaman dengan kondisi DAP hp yang seperti itu, akhirnya saya nabung dan memutuskan untuk membeli DAP yang terpisah dari hp, biar lebih nyaman aja mendengarkan musiknya. Pilihan saya langsung jatuh ke iPod Touch, karena sudah cita-cita dari dulu juga pengen nyicipin produk Apple itu rasanya kaya gimana. :D

Ok, 6 bulan saya memakai iPod Touch, kesan saya waktu itu, kualitas suara ternyata tidak jauh berbeda dengan DAP soner yang biasa saya pakai sebelumnya, telinga kaleng saya tidak bisa membedakan mana yang lebih berkualitas disisi SQ-nya. Cuma yang tadinya saya pakai earphone Phillips (lupa type), kini lebih sedikit terangkat SQ-nya dengan earphone putih bawaaan iPod. Bassnya lebih kuat dan gampang diangkat oleh kedua DAP. Karena ada iPod, jadinya saya tidak pernah mendengarkan lagi lagu dari DAP Soner itu. 

Well, beberapa waktu lalu saya memutuskan untuk menjual iPod Touch kesayangan itu dan sekarang SOLD OUT. Mau tidak mau, mulai lagi saya mendengarkan musik lewat DAP Soner Cedar, satu-satunya DAP yang tersisa memang (laptop gak diitung). Tapi ada yang menarik dari si Cedar ini, setelah telinga saya terbiasa mendengarkan SQ yang dimiliki oleh iPod Touch, pas saya balik lagi mendengarkan musik dengan DAP Cedar ini, saya dan telinga saya harus berkata jujur bahwa SQ si Cedar yang sudah dimodding ini ternyata lebih baik daripada iPod Touch. Power outputnya sepertinya lebih besar, terbukti apabila di pair dengan IEM Superlux HD381b, volume maksimal, keluaran suara lebih keras di Cedar, tapi tidak menutup kemungkinan loh adanya faktor lain dari terjadinya kasus seperti ini. Selain itu, telinga saya juga merasakan kalau bass yang dihasilkan oleh DAP Cedar ini ternyata lebih bertenaga dibandingkan iTouch meskipun sudah diset eq ke bass booster. Saya tes menggunakan IEM Superlux HD381b, kuantitas bassnya akan lebih terasa banyak jika di pair dengan Cedar, tapi gak berarti boomy juga lho. Intinya, mendengarkan musik lebih enak di Cedar daripada iTouch dengan catatan bisa mentolerir sms bomber yang sering mengganggu kenyamanan telinga saat mendengarkan musik. 

Sempat saya mencoba DAP The Kube, SQ-nya jauh lebih hebat daripada Cedar ternyata, menurut telinga kaleng saya, The Kube itu jauh lebih wide, suara yang dihasilkannya terkesan open meskipun saya tes menggunakan IEM yang sama yaitu HD381b. Minusnya, gak ada layar dan daya tahan batere cuma 3 jam play. Harganya? tentu saja jauh lebih murah daripada Cedar, secara DAP kerhor.

Ternyata ada banyak pilihan DAP lain selain iPod meskipun dengan harga yang jauh jauh jauh lebih murah tapi SQ jauh lebih hebat daripada iPod, tapi tetap saya harus berkata jujur bahwa iPod adalah DAP yang lebih saya sukai dibandingkan DAP yang lain yang pernah saya coba. Alasannya? Manajemen file yang sangat mudah, cepat, dan nyaman, karena semua diatur oleh iTunes. Yappp, saya juga sering mendengarkan lagu dari laptop, player favorit saya iTunes. Tentu saja di itunes library-nya itu sudah terisi ratusan lagu favorit saya, jadi dengan iPod saya tidak perlu repot-repot kasak-kusuk mencari file lagu yang ingin dimasukkan ke DAP diantara ratusan tumpukan folder file mp3 lain yang bertebaran di harddisk saya yang penuh itu, tinggal colok ipod ke laptop, sync, semua lagu masuk ke iPod.

Ada niat untuk membeli lagi iPod Touch, tapi lebih baik jangan, uangnya mending dipakai untuk tujuan awal. Ada niat juga untuk membeli iPod Classic 5th gen 120GB, tapi lebih baik jangan, Classic menggunakan harddisk sebagai media penyimpan datanya, saya takut jika sewaktu-waktu harddisknya itu bisa saja bad sector karena terjatuh dan terbentur. Belum lagi di forum-forum banyak yang mengeluh tentang masalah yang dialami oleh iPod Classic 5th gen itu, semua sama problemnya, harddisk mudah bad sector meskipun tidak pernah terjatuh atau apapun. 

Akhirnya, saya memutuskan, untuk DAP iPod saya pasti lebih memilih iPod Touch, ataupun kalau ada yang bekas dengan harga miring, boleh lah iPod Video 5.5 gen, karena sudah terbukti ketangguhannya dan SQ-nya yang lebih baik daripada type iPod lainnya, di forum-forum banyak user yang pakai. Karena iPod Video udah discontinue, jadi kalau ada uang lebih, saya pasti memilih iPod Classic 6th Gen 160gb, so far, belum ada banyak user yang mengeluh mengalami bad sector harddisk. :)  

Karena suatu hal, apabila saya lebih memilih membeli DAP lain selain iPod, maka pilihan saya jatuh ke Sansa Clip+. Tapi meskipun begitu, dibanding DAP lain yang nantinya akan menjadi pilihan saya, DAP yang akan lebih saya sukai tetap iPod,  ya iPod type apapun itu. :)

8 comments:

  1. whaowww.. banyak istilah yang saya tidak paham tapi maksud dari postingan ini saya bisa tangkap.
    Kamu termasuk pemerhati yaa untuk gadget tipe DAP ini.. sangat sangat suka mendengarkan musik sepertinya.. ;)

    ReplyDelete
  2. saya lebih suka handphone numerik dari pada touchscreen.. :)

    ReplyDelete
  3. @Armae: memang sangat suka. :D
    @Secangkir teh: ups, saya tidak sedang membahas hp kok. :)

    ReplyDelete
  4. Ikut share ja. Klw saya pernah make DAP dari Samsung klw g salah yang YP-S3 warna hitam. Klw menurut Saya, dari sekian banya DAP yg pernah dicoba termasuk ipod classic (emang sih blm nyoba ipod touch :), samsung YPS3 ini yang paling oke, Suaranya mantap, layarnya jernih, batere awt plus ada FM Radio. Sayang bln lalu da yg nyolong wkt lg tdr dikostan :(.

    ReplyDelete
  5. Ikut share ja. Klw saya pernah make DAP dari Samsung klw g salah yang YP-S3 warna hitam. Klw menurut Saya, dari sekian banya DAP yg pernah dicoba termasuk ipod classic (emang sih blm nyoba ipod touch :), samsung YPS3 ini yang paling oke, Suaranya mantap, layarnya jernih, batere awt plus ada FM Radio. Sayang bln lalu da yg nyolong wkt lg tdr dikostan :(.

    ReplyDelete
  6. merk terkenal blm tentu paling bagus, aku juga suka baca2 review tekno dan mendapati ada saja kekurangan dari masing2 tipe merk

    ReplyDelete
  7. iPod memang produk premium untuk kepuasan yang tinggi juga..

    ReplyDelete