BLOG.MAKMALF

Words are breathing

Sunday, 10 June 2012

Resensi Film: 2 Coelhos [2012, Brazil]

Akhirnya, bertambah lagi daftar film non-hollywood yang berkesan bagi saya. Kali ini berjudul 2 Coelhos (2 kelinci). Jangan tertipu dengan judulnya apalagi dengan potongan screenshot filmnya yang sengaja saya sajikan disini :hammer, karena ini sama sekali bukan romcom yang bisa ditonton sambil makan kacang dua kelinci. :hammer Sebaliknya, film ini adalah film action dengan plot yang membingungkan dan penuh liku, dipenuhi dengan banyak karakter yang pada awalnya sama sekali tidak terlihat adanya hubungan diantara mereka satu sama lainnya. Tapi percayalah dan bersabarlah, karena film ini tidak sebegitu membingungkannya, ada ending yang menjawab tuntas semuanya. B)
Khas action movie kebanyakan, meski masih dalam kadar cukup, penonton akan tetap disuguhi dengan adegan mobil terbakar, kepala pecah tertembus peluru, orang mati berserakan,  but ok lah, saya harus jujur bahwa adegan-adegan action-nya itu tidak sebegitu memukau, karena memang bukan itu yang ingin ditonjolkan oleh film action nyeleneh ini. Film ini bukan mengajak kita untuk menikmati adegan actionnya kok, tapi lebih dari itu, film ini mengajak kita untuk menikmati segala kebingungan kita dalam merangkai puzzle-puzzle plot ceritanya yang liar dan seakan-akan terlihat sangat kacau berserakan itu. Tentunya ini akan menjadi pengalaman menonton film action yang berbeda bukan. Akan lebih berkesan juga pastinya. 

Ya, menonton film ini, kita seakan-akan dibuat terlihat bodoh di depan layar, mau tidak terlihat bodoh bagaimana, karena kita dibuat sama sekali tidak tahu ada apa sebenarnya yang terjadi di film yang sedang kita tonton ini, kenapa orang-orang saling berhujan peluru, bunuh membunuh, dan lain sebagainya. Plotnya penuh lika liku, pembahasan konflik seakan tidak fokus, belum beres pembasahan konflik yang satu, seketika kita dibawa ke pembahasan konflik lain yang sama sekali terlihat tidak ada hubungannya dengan konflik yang dibahas sebelumnya. Tapi justru di sinilah letak kenikmatannya. :)

Untuk penonton yang sebelumnya sudah menonton film2 garapan Guy Ritchie pasti tidak akan aneh dan mungkin akan tetap bersabar dengan kebingungannya menonton film ini, karena dari awal pembukaan juga, gaya film ini telah banyak mengingatkan pada gaya film2-nya Guy Ritchie, sehingga penonton yang saya maksud ini pasti akan percaya bahwa akan ada banyak twist keren dan ending keren yang akan menjawab semua kebingungan penonton. Dan memang seperti itu adanya. 

Alasan saya kenapa film ini begitu mengingatkan saya pada ke-khas-an seorang Ritchie, karena seperti Snatch; dan Lock, Stock, and Two Smoking Barrels; film ini punya gaya penyajian dan cara bertutur plot yang hampir mirip. Di 2 Coelhos, ada Edgar dengan narasinya yang akan menuntun kita untuk berkenalan dengan banyak karakter. Ada banyak teknik pengambilan gambar yang nyeleneh, Soundtrack-soundtrack keren (lagu radiohead juga ada B)) plus ada editing rumit juga di sana sini. And that's so Ritchie's style, oh ok, Tarantino's too maybe, and I kinda like it. :D

Very extraordinary action movie, and it's came from Brazil. You should watch it, and boom! You're gonna like it.
_____________________________________________
Note:
Sangat direkomendasikan untuk menonton film ini apabila sebelumnya telah terkesan dengan kejeniusan dan kenyelenehan:
- Tarantino dengan Pulp Fiction-nya
- Ritchie dengan Snatch dan Lock, Stock and Two Smoking Barell-nya

9 comments:

  1. makasih infonya yaaa...sukses slalu

    ReplyDelete
  2. wah, film brazil..?
    jarang banget pasti ya masuk Indonesia..

    ReplyDelete
  3. kunjungan gan,bagi - bagi motivasi
    Hal mudah akan terasa sulit jika yg pertama dipikirkan adalah kata SULIT. Yakinlah bahwa kita memiliki kemampuan dan kekuatan.
    ditunggu kunjungan baliknya yaa :)

    ReplyDelete
  4. Link downloadnya gak ada ya sob.. salam kenal ya..

    ReplyDelete
  5. thx for the referensi of film. saya tertarik untuk menontonnya :D

    ReplyDelete