BLOG.MAKMALF

Words are breathing

Sunday, 5 August 2012

Daftar Film dengan Ending yang Menyesakkan (IMO)

Saya suka banget nonton film, lebih spesifiknya, saya suka film yang banyak menceritakan nyeseknya kehidupan si tokoh utama. Tapi nyesek disini bukan cuma asal nyesek aja ya, tentunya film yang bertema kenyesekan si tokoh utama ini harus bisa menyampaikan kenyesekannya juga kepada para penonton, singkatnya, penonton ikut merasa nyesek melihat kenyesekan dia di cerita film itu.

Oh, dan ya, walaupun saya suka banget nonton nyeseknya kehidupan seseorang di film, itu gak berarti saya juga sama senengnya kalau melihat orang-orang di sekitar saya yang hidupnya nyesek juga. Itu jelas beda ya. 

Meskipun dijudulnya berkaitan dengan ending, tapi saya berusaha untuk tidak menyinggung kenyesekan endingnya itu seperti apa. Saya akan berusaha untuk tidak memunculkan spoiler. Jadi, tenang aja. :)

Ok, scroll down, bro!

*disusun secara random ya!

Seven Pounds
Terus-terusan dihantui perasaan bersalah dan dosa karena mengakibatkan 7 orang tewas, termasuk istrinya, akibat tabrakan mobil yang sedang dikendarainya. Will Smith, yang berprofesi sebagai agen IRS, akhirnya menemukan kembali tambatan hatinya, nyeseknya, ternyata dia seorang pengidap kanker stadium parah, dokter memvonisnya mati apabila tidak ada donor jantung untuk menggantikan jantungnya yang sudah rusak. Will Smith pun diam-diam melakukan suatu rencana.

The Truman Show
Jim Carrey sama sekali tidak menyadari bahwa dirinya hidup dan menjalani keseharian normalnya dalam sebuah setting kota yang telah diatur sedemikian rupa oleh seorang sutradara. Tidak cukup itu, sang sutradara ternyata juga mengatur dan memainkan jalan hidupnya, seperti dalang yang memainkan wayang saja. Keinginan Jim Carrey untuk melihat dunia luar dan berkunjung ke sebuah pulau impiannya selalu dihalang-halangi seperti secara tidak sengaja. Segala kenyesekan hidupnya itu semakin bertambah nyesek lagi ketika dirinya (tanpa dia sadari, tentu) menjadi sebuah tontonan reality show yang dinikmati oleh juta pasang penonton di berbagai belahan dunia secara LIVE!

The Curious Case of Benjamin Button
Tidak ada yang lebih nyesek lagi ketika hidup kita akan seperti apa yang dialami oleh Brad Pitt dalam filmnya yang satu ini. Brad Pitt mengalami kelainan, semacam keterbalikan laju pertumbuhan dan perkembangan fisik. Dia lahir dengan wajah dan kulit yang sudah sangat tua, sehingga tampak seperti seorang kakek-kakek bertubuh mungil, seiring bertambahnya usia, dia malah terlihat semakin muda dan dengan fisik yang semakin kuat, sampai akhirnya dia kembali lagi menjadi seperti seorang balita. Nyesek dan tragis, film ini menceritakan kehidupannya secara gamblang berkaitan dengan segala dampak dari ke-tidak-normal-annya itu. Jangan lewatkan endingnya yang nyeseeeeeeek banget itu.

You Are The Apple of My Eye
Mungkin memang film ini memiliki premis yang sudah sangat usang dan mungkin orang juga bilang kalau endingnya kurang nyesek. Tapi bagi saya ini sangat menyesakkan. Subjektif memang, karena kita akan lebih dapet feel kenyesekan sebuah film apabila kita juga pernah mengalami kenyesekan yang dialami oleh karakter di filmnya. Termasuk film ini. 

American History X
Temanya cukup berat, membicarakan tentang pertentangan antar ras hitam, pendatang, dengan warga pribumi, yakni warga Amerika asli. Rasisme dan Nazisme. Nyeseknya, setelah Edward Norton insyaf dan keluar dari kelompok Skinhead serta sedikit demi sedikit menyembuhkan penyakit rasismenya, adiknya Edward Furlong malah meneruskan 'perjuangan' kakaknya itu, adegan pembunuhan sadis, kepalang sadis dan tentu saja endingnya yang akan begitu menyesakkan dada penonton. 

Grave of Fireflies
Tidak ada yang lebih capek lagi ketika perasaan nyesek seakan dirasa tiada henti ketika melihat hubungan adik kakak yang sangat erat ditengah-tengah kecamuk perang dunia yang melanda Jepang. Kedua kakak beradik itu meneruskan perjuangan bertahan hidupnya, tanpa orang tua. Keluarganya yang tersisa malah seakan mengacuhkan mereka. Film ini, dari awal sampai akhir sama sekali tidak memberikan celah kepada saya untuk sedikit merasa bahagia, betapa tidak, penderitaan yang dialami oleh kakak beradik itu seakan tiada henti terus menerpa. Ditambah lagi, adik dari dua bersaudara itu masih sangat balita, tentunya kita akan melihat tanggung jawab sekaligus pengorbanan si Kakak untuk tetap menjaga adiknya dan bersama-sama bertahan hidup ditengah dunia yang tidak lagi ramah dan bersimpati pada mereka. 


Ok cukup dulu sampai di sini list-nya. Nanti akan saya update lagi di postingan yang selanjutnya. Semoga bisa menjadi referensi. :)

8 comments:

  1. makasih atas referensinya, saya bukan org yg suka nnton. tapi akhir2 ini sy menghabiskn waktu untuk mnonton.

    ini mnjadi bahan buat saya, nnti sy cari deh filmnya.

    Alangkah bagusnya, disini sudah trsedia tempat downloadnya #saran

    Makasih kawan

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, bagus sih, tapi biarkan blog lain yang menyediakannya. hehe. Tapi kalo mau nyari, di torrent banyak filmnya. :)

      Thanks udah berkunjung dan berkomen. :)

      Delete
  2. film2 asia juga banyak yang bikin nyesek.. :D

    ReplyDelete
  3. jadi tertarik nonton seven pounds

    ReplyDelete
  4. kalo ane yg paling nyesek nonton The Mist..
    ampun dah ga nyangka bgt,,,ga bsa ngebayangin juga perasaan si tokoh utamanya..

    ReplyDelete
  5. yg bru nonton cuma seven pounds, sangat menyesakkan T_T
    makasih mas referensinya :)

    ReplyDelete