BLOG.MAKMALF

Words are breathing

Wednesday, 10 October 2012

Resensi Film: "Il Mare" [2000]

Dua manusia, pria dan wanita yang hidup di dua waktu yang berbeda dipertemukan melalui sebuah kotak surat. Entah sebabnya apa,  hanya kotak surat itu lah yang bisa menghubungkan mereka berdua. Akhirnya, mereka pun terus menjalin komunikasi, bertukar cerita melalui surat yang mereka masukkan ke dalam kotak surat itu. Sampai harapan untuk bisa bertemu pun akhirnya muncul, meski hidup di dua waktu yang berbeda, si pria hidup di 2 tahun yang lalu dari waktu si wanita saat ini. 

Time travel, lipatan garis waktu, entah apapun itu, yang jelas hanya mereka berdua yang mengalaminya berkat sebuah kotak surat di sebuah rumah yang diberi nama "Il Mare."
____________________
Ya, ini adalah sebuah drama korea lawas yang baru saya tonton sekarang. Menghadirkan kisah percintaan yang unik dan absurd. Dan memang benar absurd, bukan fiksi ilmiah, ini lebih ke fantasi, tidak ada logika di sini, yang ada kita disuruh untuk memahami apa yang terjadi jika dua garis waktu yang berbeda dihubungkan oleh sebuah "saluran," kotak surat lah di sini yang berperan sebagai saluran penghubungnya. Apabila kita telah bisa menerima "kenyataan" buatan dalam film ini, membuat semua hal bohong itu menjadi hal yang logis, maka dengan mudahnya kita akan menyukainya dan terbawa dengan alur ceritanya yang menghanyutkan khas film drama asia kebanyakan. 

Jika sebuah film drama bisa membawa hanyut penontonnya, maka artinya di situ ada jajaran cast yang tampil dengan bagus, atau paling tidak tokoh utama dan lawan mainnya bisa tampil memukau di situ, ada soundtrack dan scoring yang pas, ada adegan yang memorable, dan itu semua terjaga utuh dalam semua bagian dari aliran plot cerita yang apik. "Il Mare" beruntungnya bisa saya kategorikan dalam film seperti yang saya sebutkan barusan. 

Review ini subjektif memang. Dan menilai karya seni memang tidak pernah bisa objektif, walau bagaimanapun, tetap akan dipengaruhi oleh selera dan berbagai latar belakang yang berbeda sampai dari sudut mana seseorang melihat karya seni itu, termasuk film, termasuk "Il Mare" ini. 

Recommended untuk ditonton. 

8 comments:

  1. coba film indonesia banyak yg cerdas kayak film ini, ga hantu atau yg berat2 mulu :D

    ReplyDelete
  2. wah.. kayaknya bagus nih filmnya.. hehhee

    ReplyDelete
  3. gan bannernya sudah saya pasang di blogku visit back http://anaktimor-17.blogspot.com/p/banner-sahabat.html

    ReplyDelete
  4. saya baru nanton yg versi baratnya mal(Lake House), belum tau bagusan yang mana? hehe, tapi ngeliat akting sandra bullock sama lawan mainnya si abang matrix alias keanu reves saya berani ngasi 4,7 bintang. :D #nanggung banget yah

    ReplyDelete
  5. Makasih kwand buat resensinya..
    iya emang bagus nih film'!! saya juga udah nonton

    ReplyDelete
  6. gomawoo infonya, bener-bener tertarik buat nonton. karena ini saya benget. fantasiii

    ReplyDelete