BLOG.MAKMALF

Words are breathing

Wednesday, 28 November 2012

Nostalgia dengan Game PS1

Zaman SD dulu, sama kaya anak-anak lainnya, saya keranjingan PS1. Karena saya tinggal di Kampung yang bener-bener kampung, rental PS1 cuma ada satu, itu pun selalu penuh pada saat jam-jam bubar sekolahan,  karena yang tersedia di rental cuma ada satu unit saja. Dengan biaya main 1000 per setengah jam, saya rela bolos sekolah pagi alias kabur dari sekolah agar bisa maen tanpa harus nunggu lama ngantri dengan pelanggan rental yang lain. Banyak game yang saya ingin mainkan sampe tamat, cuma gak mungkin, mengingat uang jajan saya cuma dikasih pas-pasan, belum lagi kalo udah ketauan ortu atau guru.

Disamping sekolah pagi, saya juga sekolah siang, itu namanya sekolah agama. Kebetulan, rental PS itu lokasinya dekat dengan sekolah agama, ya otomatis, saya sering banget mabal dari sekolah hanya untuk maen PS. Waktu itu, lagi asik-asiknya maen, ternyata ada salah seorang guru yang sengaja datang ke rental PS, ngecek murid-muridnya yang hari itu bolos, ya apes lah, saya ketauan lagi maen PS. Ini bener-bener saya ingat, beliau bilang gini, "Akmal! naon kalahka di rental PS, nu lainna mah sarakola!?" Saya kaget dong, tapi malah keceplosan bilang gini, "Eh muhun pak, keheula di save heula." (ini bahasa sunda, mungkin ngerti lah ya.)

Parah bener bener parah waktu itu, gak tau kapan dilaporinnya, besoknya ortu saya akhirnya tau kalo saya masih sering mabal dari sekolah buat maen PS. Beberapa hari kemudian, saya dibelikan game console sama ortu, mungkin dengan harapan anaknya ini gak pernah mabal dari sekolah lagi, tapi yang dibelikan bukannya PS, malah SEGA. -___-" 

Tapi lumayan lah daripada gak punya sama sekali, dengan grafik yang memang jauh kalah dari PS, pilihan game-game yang sedikit dan harganya mahal, karena gak ada istilah game bajakan di console SEGA itu, ya sudah, beberapa harinya lagi saya tetep sering mampir ke rental PS. 

Ini beberapa game yang dulu sering saya mainkan tapi belum pernah sampe tamat. Dan sekarang saya mainkan lagi dengan menggunakan emulator di laptop. Beberapa ada yang sudah tamat, dan yang lainnya sedang saya usahain sampe tamat. Lumayan untuk nostalgia dan obat jenuh dari rutinitas sehari-sehari.

Vigilante 8
Main game ini asyiknya berdua, join-joinan ngalahin mobil-mobil musuh. Zaman dulu, grafik segini bener-bener dianggap udah canggih dan keliatan bagus banget, tapi sekarang? You know, mesti dibandingin sama grafik 3D dari game console PS3 sama game PC, ya jauh banget lah. 

Crash Bandicoot
Pas zaman dulu sering main ini, kebetulan belum punya memory card PS1, tapi anehnya, tanpa bosan saya tetap sering main game ini meskipun diulang lagi dari awal alias gak naik-naik level dan gak pindah-pindah map. :D

Jackie Chan: Stuntmaster
Game ini paling susah, dari zaman dulu sampai sekarang saya coba tamatin, selalu mentok di entah level berapa saya lupa dan males ngecek. Terlalu sulit, lawannya terlalu banyak, si Jackie Chan sendiri babak belur dikeroyok banyakan. Ikutin walktrough-nya dulu pernah dari tabloid Fantasi (ada yang masih inget? :)), tapi tetep susah.

Nascar Rumble
Ini paling asyik dan paling sering saya mainkan kalo kebetulan saya ngerental PSnya berdua sama temen. Saking seringnya, saya masih hafal dengan tepat apa password buat ngebuka mobil-mobil yang masih di-lock, yaitu: kmzway87aa. Mobil jagoan saya? Jetcar. :)

Smack Down
Paling seneng main game jenis battle yang satu ini, karena dibanding game battle yang lain seperti Tekken, Bloody Roar, dan Street Fighter, Smack Down lebih bebas, bisa kabur keluar arena, ngambil segala macem barang buat dihantam ke lawan, sama yang paling asyik, nendang wasitnya! :D

Resident Evil 3: Nemesis
Gak ada game horror lain yang gak lebih horror dari game yang satu ini, efek ngagetinnya ketika si zombie keluar secara mendadak sambil teriak tetep kerasa sampe sekarang. Main game ini harus bener-bener teliti dan sabar, gak jarang kita harus bolak balik dari satu lokasi ke lokasi yang jauh udah di lewatin hanya untuk membuka pintu dengan kunci yang baru ditemukan untuk bisa masuk ke map baru yang belum kebuka sebelumnya. Oh ya, jangan lupa hemat peluru sama obat-obatan. 

Road Rash Jailbreak
Game yang lumayan sadis, kita dituntut untuk jadi juara pertama dari balapan jalanan yang otomatis menghalalkan segala cara demi mengalahkan lawan. Digebukkin sampe jatuh, ditendang motornya sampe jatuh, bahkan digebuk dengan rantai.

Cuma itu saja yang paling saya ingat dan saya mainkan lagi sekarang, itung-itung nostalgia masa kecil sekaligus nerusin cita-cita saya waktu kecil yang ingin tamatin judul-judul game di atas. :)

Kalo ada yang mau maen juga, silakan download emulator PS1-nya di indowebster juga banyak, dan download gamenya berupa file *.iso di http://coolrom.com.

Thanks. :)

12 comments:

  1. Kalau jaman kecilku dulu baru ada gamewatch, atari game dan nintendo. Sekarang dah lebih canggih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang perkembangannya malah sangat cepet, tiap bulan pasti ada aja upgrade teknologi VGA baru buat maen game di PC. :D

      Delete
  2. hmm,saya paling seneng mainin "EXTREME" kalo gak salah tulisannya kayak gitu. balapan yang kita bisa milih mau pake sepeda ato skateboard. pilih lokasi, pilih pemain, terus ngumpulin poin dengan ngelakuin "aksi" waktu lagi balapan. eh iya, jadi kangen pen main ps 1 lagi nih, ehee..

    ReplyDelete
    Replies
    1. O ya itu juga, baru keingetan. Game itu malah ada pilihan balap pake sepatu roda juga kan. :D

      Delete
  3. Game legenda perusak stick,Dragon Ball GT ga ada di list? :D

    ReplyDelete
  4. harvest moon : back to natural

    ReplyDelete
  5. Harvest Moon :Back To Nature

    ReplyDelete