BLOG.MAKMALF

Words are breathing

Thursday, 17 January 2013

Ada yang Salah dengan Budaya Asli Indonesia

Sepertinya ada yang salah dengan budaya asli Indonesia. 

Jangan ditelan bulat-bulat dulu statement di atas. Tapi mari kita lihat kondisi, sikap, cara, adat, dan budaya masyarakat asli Indonesia, lebih tepatnya anak-anak muda Indonesia. Ya, ini artinya kita melihat diri kita sendiri (yang masih muda-muda). Tapi tunggu dulu, untuk sampai berani mengeluarkan statement seperti di atas, tentunya tidak cukup hanya melihat dari satu sisi saja, yaitu diri sendiri, perlu lebih banyak sample yang harus diamati, sample yang harus diambil secara random, kemudian membentuk suatu populasi yang luas dan umum, yaitu generasi muda, anak-anak muda Indonesia yang saya tadi singgung di awal.

Tidak perlu mengeluarkan dana banyak untuk mengadakan penelitian semacam ini, bahkan tidak perlu berniat melakukannya pun kita sudah bisa menarik simpulan terhadap semua hal yang terjadi dengan sekelompok besar anak-anak muda Indonesia ini, karena kita sendiri yang mengalaminya, menghadapinya, dan bersentuhan langsung dengan objek masalahnya, yaitu budaya asing yang bahkan mampu merubah cara kita bersikap, bergaul, berbahasa, berpakaian, sampai berkesenian, dibuat seolah-olah merasa seperti ada yang salah dengan budaya asli diri sendiri, Budaya Indonesia, sampai-sampai membuat kita tidak merasa nyaman lagi menggunakan, melakukan, dan mengenakan budaya asli diri sendiri ini, ya apalagi melestarikannya. 

Atas dasar pemahaman yang terbatas, rasa suka berlebihan tanpa alasan, gaya sok-sokan be confident and feel comfortable tapi cenderung memaksakan. Begitulah yang saya sering lihat akhir-akhir ini, tidak hanya di sekitar, tapi juga di TV dan internet, semuanya mainstream seperti itu. Sialnya, yang membawa nafas semangat budaya Indonesia justru malah diacuhkan dan hanya bisa sampai tayang di stasiun TV LOKAL.

Menyedihkan, budaya Indonesia kalah mainstream dengan budaya lain di negerinya sendiri yang padahal mayoritas penduduknya masih penduduk asli negeri ini, lahir, berkembang, dan tinggal di negeri ini (nama lainnya, asli bangsa Indonesia), kenapa? Apa ada yang salah dengan budaya Indonesia ini?

Kalau jawabannya ada, silakan pindah ke Korea dan jangan kembali ke Indonesia.
_________________________________________________________________________



Note.
Suka boleh, tapi tolong, sewajarlah mungkin, jangan sampai dijadikan identitas apalagi budaya. No offence. Mari kita saling mengingatkan.