BLOG.MAKMALF

Words are breathing

Thursday, 17 January 2013

Ada yang Salah dengan Budaya Asli Indonesia

Sepertinya ada yang salah dengan budaya asli Indonesia. 

Jangan ditelan bulat-bulat dulu statement di atas. Tapi mari kita lihat kondisi, sikap, cara, adat, dan budaya masyarakat asli Indonesia, lebih tepatnya anak-anak muda Indonesia. Ya, ini artinya kita melihat diri kita sendiri (yang masih muda-muda). Tapi tunggu dulu, untuk sampai berani mengeluarkan statement seperti di atas, tentunya tidak cukup hanya melihat dari satu sisi saja, yaitu diri sendiri, perlu lebih banyak sample yang harus diamati, sample yang harus diambil secara random, kemudian membentuk suatu populasi yang luas dan umum, yaitu generasi muda, anak-anak muda Indonesia yang saya tadi singgung di awal.

Tidak perlu mengeluarkan dana banyak untuk mengadakan penelitian semacam ini, bahkan tidak perlu berniat melakukannya pun kita sudah bisa menarik simpulan terhadap semua hal yang terjadi dengan sekelompok besar anak-anak muda Indonesia ini, karena kita sendiri yang mengalaminya, menghadapinya, dan bersentuhan langsung dengan objek masalahnya, yaitu budaya asing yang bahkan mampu merubah cara kita bersikap, bergaul, berbahasa, berpakaian, sampai berkesenian, dibuat seolah-olah merasa seperti ada yang salah dengan budaya asli diri sendiri, Budaya Indonesia, sampai-sampai membuat kita tidak merasa nyaman lagi menggunakan, melakukan, dan mengenakan budaya asli diri sendiri ini, ya apalagi melestarikannya. 

Atas dasar pemahaman yang terbatas, rasa suka berlebihan tanpa alasan, gaya sok-sokan be confident and feel comfortable tapi cenderung memaksakan. Begitulah yang saya sering lihat akhir-akhir ini, tidak hanya di sekitar, tapi juga di TV dan internet, semuanya mainstream seperti itu. Sialnya, yang membawa nafas semangat budaya Indonesia justru malah diacuhkan dan hanya bisa sampai tayang di stasiun TV LOKAL.

Menyedihkan, budaya Indonesia kalah mainstream dengan budaya lain di negerinya sendiri yang padahal mayoritas penduduknya masih penduduk asli negeri ini, lahir, berkembang, dan tinggal di negeri ini (nama lainnya, asli bangsa Indonesia), kenapa? Apa ada yang salah dengan budaya Indonesia ini?

Kalau jawabannya ada, silakan pindah ke Korea dan jangan kembali ke Indonesia.
_________________________________________________________________________



Note.
Suka boleh, tapi tolong, sewajarlah mungkin, jangan sampai dijadikan identitas apalagi budaya. No offence. Mari kita saling mengingatkan. 

9 comments:

  1. all about korea memang sudah mewabah, sampai-sampai anak sekolahan lebih giat balajar bahasa korea.. ckckck

    ReplyDelete
  2. budayanya gak ada yg salah...
    yg salah manusia nya...

    ReplyDelete
  3. kejadian kemarin pada sang agen fbi dijadikan inspirasi buat posting ieu teh?haha
    alus euy setuju dgn note ente mal!

    ReplyDelete
  4. sya penikmat budaya. kearifan lokal indo yg benar2 variatif ttp tak terkalahkan, di belakangnya, kesukaan sya adalh jepang dan korea. yah, mereka menang dari sgi kemasan, cerdas dalam promosi, sisanya animo bgitu mudah terkumpul. disini PR indo. kemasan kita belum semenarik itu. kesannya, kita kurang terekspos padahl bila dikemas secara matng, channel nasional bisa tak kalh dr segi promosi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya problemnya sih itu kalo di kita. Sebenarnya banyak juga kok orang-orang muda kita yang kreatif, cuma sering terbentur sama dukungan dari lingkungan, jadi malah terhambat. Realistis juga sih, mengingat prioritas pemerintah dari orang-orang Indonesia pada umumnya yang masih mengejar kesejahteraan, dukungan pemerintah terhadap hal-hal yang seperti itu masih sangat kurang.

      Delete
  5. Saya mah terima nasib aja...
    Soalnya mo ikut2an trend Korea juga pasti gak bisa.
    Mo dandan kaya gimana juga mata belok saya ini gak bisa disipit2in biar kayak orang korea. hehehe... (^^)v

    Padahal faktanya...
    Bule-bule dan turis-turis mancanegara tuh suka pada ngiler lhooo sama budaya Indonesia. Saya sendiri suka nemuin kejadian gitu. Bahkan mereka bangga banget kalo bisa ngomong pake bahasa daerah Indonesia. :)

    Tapi salut juga sama pemerintah Korea. Sempet pernah baca web manaaa gitu... Kalo kejayaan Korea yg kita liat saat ini tuh emang dari usaha dan kerja keras mereka selama bertahun2. Mereka ngasih support penuh remaja2 korea dengan ngasih beasiswa besar2an di dunia seni. Sekarang bisa diliat... dimana2 demam Korea.. salah satu penghasilan terbesar negaranya ya salah satunya dari "jualan" boysband sama gilrsband nya itu.

    Setuju tu sama pendapatnya Accilong. Itu jadi PR buat Indonesia. Tapi yg kudu jadi perhatian awal adalah gimana caranya bikin Budaya Indonesia jadi trend bagi org2 Indonesia-nya sendiri...
    *Aaaaahhhh saya ini ngomong apaaaaaaa....???hehehe..*

    Oya Akmal...
    Ada award buat kamu... cek di blog saya yaaa... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. respon saya idem sama komentar yang di atas. :)


      Ya kebetulan juga saya sering berinteraksi dgn orang2 bule di kampus, mereka banyak yang tertarik juga dengan budaya kita, bahkan keseriusan mereka dalam hal belajar budaya kita bisa mengalahkan kita-nya sendiri.

      Thanks awardnya, nanti saya pajang di postingan selanjutnya. :)

      Delete
  6. Lebih anehnya lagi, kecintaan mereka baru muncul ketika sudah berada di luar negeri atau saat budaya kita diklaim pihak lain... :P

    ReplyDelete