BLOG.MAKMALF

Words are breathing

Saturday, 26 January 2013

Resensi Film: Flight [2012]

Kapten William Whip Whitaker (Denzel Washington), seorang alkoholik berat, pemakai kokain. Setiap harinya dia tidak pernah bisa lepas dari kedua barang haram itu. Termasuk sesaat sebelum menerbangkan pesawat naasnya, dia masih tetap saja menenggak beberapa botol beer dan menghisap kokain. Meskipun dibawah pengaruh alkohol dan kokain, kecerdikan dan kehebatannya dalam mengendalikan pesawat yang mengalami kegagalan sistem tersebut ternyata masih mampu menyelamatkan hampir 98% penumpang pesawatnya itu. 

Dianggap sebagai pahlawan karena telah menyelamatkan 96 nyawa dari 102 penumpang yang ada di dalam pesawat tersebut, terlebih faktor utama penyebab jatuhnya pesawat tersebut adalah karena pesawatnya sendiri yang memang sudah tidak layak terbang, tidak serta merta membuatnya tenang dan terbebas dari pertanggung jawaban atas kecelakaan tersebut. Dengan ditemukannya bukti dari laporan hasil tes darahnya yang menyatakan bahwa ada sekian persen alkohol dan kokain yang terkandung ketika dia mengemudikan pesawat tersebut, karir terbang si Kapten Whip pun terancam jatuh.

Menurut saya, tidak ada jenis kecelakaan transportasi yang lebih mengerikan lagi daripada kecelakaan pesawat terbang. Membawa ratusan penumpang, terbang setinggi ribuan kilometer di atas permukaan bumi. Kesalahan sistem sedikitpun tentunya akan berakibat fatal, pesawat jatuh, terjun bebas menghantam bumi. BOOM! Tidak jarang, dalam setiap kasus kecelakaan pesawat, yang menjadi korban meninggalnya adalah seluruh penumpang pesawat tersebut, plus pilot, dan awak pesawat lainnya.  

Termasuk dalam film ini, adegan kecelakaan pesawat tersebut ditampilkan dengan sangat mengerikan, mulai dari adegan para penumpang yang ketakutan, adegan pilot dan co-pilotnya yang berusaha mengendalikan pesawat agar tidak jatuh, sampai adegan ketika pesawat tersebut hancur menabrak tanah. Semua ditampilkan dengan sangat realistis. Good work untuk teknik pengambilan gambar dan rekayasa adegannya. 

Menit-menit awalnya, mungkin kita akan mengira bahwa film ini adalah murni semacam disaster movie kebanyakan, tetapi seiring berkembangnya cerita, film ini bukan melulu berbicara soal kecelakaan pesawat saja. Lebih dari itu, film ini membicarakan bagaimana kehidupan si Whip yang hancur karena menjadi pecandu alkohol dan kokain akut. Malah sangat jauh lagi, film ini bisa dibilang lebih fokus bercerita mengenai orang-orang yang memiliki ketergantungan akut pada alkohol dan barang-barang sejenisnya dengan segala macam kerugian yang ditimbulkannya. Kalau sudah nonton Requiem for A Dream dan Breaking Bad Season 2, bisa jadi Flight akan mengingatkan kalian pada dua film tersebut. 

Di bagian plot ceritanya, film ini mampu berbicara dengan baik di sepanjang durasi 138 menitnya itu. Saya tidak bosan melihat dan memperhatikan serangkaian adegan dan dialog yang mampu ditampilkan secara baik oleh Denzel Washington. Oh ya, juga ada pembantu pengacara hebat yang ditugaskan untuk membantu Kapten Whip dari kemungkinan hukum pidana yang akan menjeratnya, Hugh Lang (Don Cheadle). Btw, soal kehebatan pengacara ini, dia sangat teliti terhadap kasus yang sedang ditanganinya, ketelitiannya itu mampu meyakinkan hakim bahwa tidak ada alasan untuk menghukum Kapten Whip atas jatuhnya pesawat. Seakan si Hugh Lang mencontohkan kepada para setiap pengacara yang kebetulan menonton film ini bagaimana caranya menjadi seorang pengacara yang cerdik. 

Film ini bagus, meskipun ada beberapa moment yang seakan janggal. Juga kemunculan karakter Nichole  di kehidupan si Whip yang seperti tersia-siakan karena tidak tergali dengan dalam, artinya hanya muncul, diam, dan pergi begitu saja, tidak penting, nasibnya menggantung dan tidak berpengaruh apa-apa juga dalam perkembangan karakter si Whip ini, kalau diperhatikan. Dan yang sangat mengganggu adalah moment ketika sesaat sebelum si Whip pergi melaksanakan sidang, di situ diselipkan adegan yang sangat janggal, seakan terlalu dipaksakan dan akhirnya malah merusak tensi ketegangan yang sedikit demi sedikit telah terbangun sejak konflik dimulai. Untungnya tensi ketegangan langsung terbangun lagi ketika si Whip masuk ke ruang sidang dan dijejalkan banyak pertanyaan oleh hakim. 

Memadu padankan kecelakaan pesawat dengan pesan moral "Jauhi narkoba dan minum-minuman keras,"  film ini sangat bagus, tidak membosankan, dan cocok untuk dijadikan hiburan yang berkualitas. Kejanggalan-kejanggalan minor yang ada di film ini masih dalam batas toleransi untuk dengan mudahnya kita abaikan. Toh kalau kita sudah sangat menyukai filmnya, kejanggalan-kejanggalan seperti itu pun akan dengan mudahnya kita abaikan. 

2 comments:

  1. setuju tuh, Nicole kurang dxplor banget..jadi keliatan ga perlu,
    bisa aja karkternya digantiin anak or ex.nya Whip malah akan lebih tergali ane rasa..

    dan ya..scene kecelakaannya bner2 bikin...phobia

    ReplyDelete
  2. ating bagus film, yang pengen coba nonton silahkan dimari..

    http://indomovie.us/blog/flight-2012.html

    trims min :D

    ReplyDelete