BLOG.MAKMALF

Words are breathing

Wednesday, 20 March 2013

Let's Talk About . . . "Breaking Bad"

Kalau di post yang lalu saya membicarakan tentang serial TV yang mengangkat issue seputar zombie-zombiean, sekarang giliran "Breaking Bad" yang saya ingin bahas di post kali ini. 

"Breaking Bad" sama seperti "The Walking Dead", keduanya ditayangkan oleh AMC TV yang kalau jika kalian lihat website-nya AMC TV itu, sepertinya Serial "The Walking Dead" lah yang paling diandalkan. Meskipun begitu, "Breaking Bad" juga tetap gak kalah seru dibanding "The Walking Dead", malah ada beberapa hal yang menjadikan Breaking Bad lebih unggul daripada "The Walking Dead". Nanti kita rinci satu per satu.

Post ini saya pecah menjadi beberapa bagian, biar lebih enak dibaca aja sih.

INTI CERITA


"Breaking Bad" ini punya ide cerita yang unik. Premise, seorang guru Kimia bergaji pas-pasan yang mengidap kanker. Gara-gara kankernya itu, dia banting stir jadi peracik narkoba jenis methamphetamine demi nutupin biaya pengobatannya sama tunjangan untuk masa depan keluarganya jika kelak dia meninggal duluan gara-gara kankernya itu. 

TOKOH-TOKOH dan PENOKOHAN


Walter White aka Heisenberg aka Mr. White


Dia adalah si tokoh utamanya, yang jadi peracik methamphetamine. Berkat basic keilmuan kimia yang kuat, sama pengalamannya menjalankan proyek di bidang kimia, dia adalah seorang kimiawan yang hidupnya gak terlalu beruntung karena stuck di profesi guru yang bergaji pas-pasan. Methamphetamine yang dia olah dikenal sebagai methamphetamine yang sangat tight dengan tingkat kemurnian yang nyaris sempurna. Dia adalah Master chef of methamphetamine di persada New Mexico sampai Spanyol. 
Nama "Heisenberg" adalah nama samaran yang dia pilih untuk berkecimpung di dunia pengedaran drugs. 

Jesse Pinkman


Mantan murid SMA sekaligus Partner-nya si Mr. White dalam menjalankan bisnis dan produksi meth. Dia junkie sekaligus pengedar. Dia adalah orang yang pertama kali mengenalkan Mr. White dengan dunia bisnis narkoba. Kelakuannya yang slengean dan ceroboh kadang jadi penyebab masalah yang nyusahin mereka berdua. Meskipun begitu, diantara keduanya terjalin chemistry yang sangat kuat karena telah sama-sama merintis bisnis dari nol dengan menemui berbagai rintangan yang bahkan mengancam nyawa. 

Hank Schrader 


Adik ipar si Mr. White. Seorang agen DEA (suatu lembaga kepolisian dengan spesialisasi pemberantasan narkoba) yang digambarkan sebagai sosok yang kuat secara fisik dan mental. Dalam memecahkan setiap kasus, dia juga dikenal dengan kejeniusannya dan kekuatan insting detektifnya yang seringkali nyaris mampu mengendus penyamaran si Mr. White.
Dia punya selera humor yang bagus dalam dialog dengan lawan bicaranya. 

Gus Fring


IMO, Dia adalah tokoh yang paling unik. Pemilik restoran ayam goreng cepat saji, "Los Pollos Hermanos" yang juga punya pekerjaan utama sebagai produsen sekaligus pemasok methamphetamine di seluruh wilayah New Mexico. Ironisnya dia malah menjalin hubungan yang baik dengan DEA. Caranya berbisnis  methamphetamine sangat disiplin, teliti, dan cerdik, dengan bantuan dari beberapa orang kepercayaannya, dia menjalankan "meth lab" raksasa dan Walter White + Pinkman sebagai chef-nya. 
Dibalik penampilannya yang berbalut jas rapih serta pembawaannya yang tenang dan ramah itu, ternyata dia juga bisa berubah menjadi seorang pembunuh berdarah dingin.  

Mike Ehrmantraut


Kaki tangan utama si Gus Fring. Mantan polisi dan seorang kakek yang memiliki satu orang cucu perempuan. Karakternya kalem dan tidak mudah panik dalam menghadapi suatu masalah. Keahliannya adalah memata-matai seseorang secara detail dengan gadget-gadget yang dimilikinya. 

Saul Goodman


Pengacara cerdik dan licik yang senantiasa membantu permasalahan hukum si Jesse dan si Mr. White. Lebih dari seorang pengacara, bagi Jesse dan Mr. White, dia juga adalah seorang penasihat bisnis yang handal dengan segudang metode solusi bisnis yang terbukti ampuh. 
Dia adalah karakter yang paling kocak di sini. 

BREAKING BAD vs THE WALKING DEAD


Seperti yang saya singgung di awal, keduanya merupakan serial yang ditayangkan oleh channel TV yang sama. Nampaknya, "Breaking Bad" lebih unggul untuk beragam hal. 
  • Seperti kekonstanan tempo dalam setiap season-nya. "Breaking Bad" ini, nyaris tidak ada episode atau season yang terkesan mengulur waktu, cerita mengalir dan berkembang dengan baik seiring dengan kompleksitas masalahnya yang semakin ditingkatkan. 
  • Dibandingkan "The Walking Dead", "Breaking Bad" mempunyai ide cerita yang lebih menarik, unik, dan segar. 
  • Pendalaman terhadap masing-masing karakternya sangat baik di "Breaking Bad" ini. Dari sekian banyak tokoh, baik itu pemeran bantu juga, nyaris tidak ada tokoh yang teracuhkan. Penggalian karakter terhadap masing-masing tokoh bisa disampaikan dengan baik melalui sub-sub konflik yang dialami oleh masing-masing karakter pembantu. 
  • Teknik editing dan pengambilan gambar yang unik ada di "Breaking Bad". Saya juga suka cara-cara editor yang bekerjasama dengan cameraman (IMO) dalam membuat perpindahan dari satu scene ke scene selanjutnya.
Namun ada satu kekurangan "Breaking Bad" ini yang kalo dibandingkan, hal ini menjadi kelebihan yang dimiliki oleh "The Walking Dead". IMO, yaitu dalam pemotongan per epidose-nya yang kurang memberikan efek "ketagihan" dan efek "gregetan gak sabar" untuk segera menonton lagi episode selanjutnya. 

OVERALL REVIEW


Sejauh ini, "Breaking Bad" tetap menjadi TV series yang paling saya sukai. Didukung dengan casts yang tepat  dan mampu tampil dengan baik, ide cerita yang unik, dan cerita per-episode yang mampu mengalir dengan baik, episode demi episode, "Breaking Bad" menawarkan cerita yang semakin menarik untuk disimak. 

10 comments:

  1. Pengen nonton, heuuuu pengidap kanker kok ya jd pembuat narkoba *_*

    ReplyDelete
  2. gada amc di humz.
    tp walking dead keknya masih tayang di hbo.
    kira2 serinya sama dak yah?

    ReplyDelete
  3. jauhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh masih bagusan ini kemana2 lah daripada the walking dead :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagus ini atau walking dead itu relatif ,opini orang bisa beda2
      tp menurut sy breaking bad emang bagus

      Delete
  4. mantap nih serial, karakter masing2 pemain kuat.
    wajib diikuti...hehehe

    ReplyDelete
  5. Keren banget nih film.. ga bakal nyesel nontonnya..

    ReplyDelete
  6. ga ada lawannya gan buat era kita mahh wkwkwk

    ReplyDelete
  7. chef sabu pekanbaru aja termotivasi dr film breaking bad ini hahha

    ReplyDelete
  8. chef sabu pekanbaru aja termotivasi dr film breaking bad ini...

    ReplyDelete
  9. duhhh ini film favorite ane,, gan film yang sejenis ini plot nya apa yah yang recomend thanks udah berbagi

    ReplyDelete