BLOG.MAKMALF

Words are breathing

Saturday, 15 June 2013

You Just Have Internet Access!

Saya sering kepikiran dan akhirnya memikirkan bahwa internet udah membuat semua orang bisa menjadi apapun dan melakukan hal apapun yang bukan bidangnya dia. Tanpa sekolah IT, seseorang udah bisa membangun sebuah website dari nol. Tanpa harus kuliah elektronika, seseorang udah bisa merancang rangkaian elektronika dan menuliskan program ke microcontroller. Bahkan pasang status FB dan twitter pun, seseorang bisa melakukannya dalam berbagai bahasa, tanpa harus kursus bahasa ini itu.

Semua itu karena kita punya akses internet yang kita akses setiap hari.

Informasi Apapun, Gratis

Ribuan informasi bisa kita dapatkan dengan mudah dan gratis. Berbekal google dan beberapa kata kunci tentang hal apapun yang ingin kita pelajari, click and congrat yourself, you have the things. Easily. 

Sebagai orang yang pernah mengalami hidup di zaman ketika internet belum "semudah" sekarang, saya bisa berkata bahwa:

... sekarang, belajar apapun secara otodidak menjadi lebih mudah daripada zaman dulu ketika internet belum "semudah" sekarang. 

Memang sih, masih banyak penyedia informasi on-line yang membatasi akses informasinya hanya untuk registered user, tapi toh, masih banyak juga website sejenis yang menyediakan informasi secara bebas dan gratis. Jangan sempitkan hasil pencarian google kamu.

Mempelajari Apapun, Kita Bisa. Menjadi Apapun, Juga Bisa

Berbekal informasi apapun yang bisa kita dapat dengan mudah dan gratis untuk dipelajari. Sekedar membuat design tampilan sebuah website atau bahkan membangun sebuah website dari nol, kita tidak harus sekolah IT untuk bisa memahami HTML, CSS, JavaScript, PHP, kemudian bisa membangun website dengan cms sendiri atau hanya sekedear ngulik -sebut saja- Wordpress secara lancar. Ada banyak website, baik itu Indonesia ataupun luar negeri yang menyediakan pembahasan tentang semua hal yang saya sebut di atas. Bahkan mereka menyediakannya dari mulai tingkat dasar sampai advance pula.

Setelah merasa cukup dan punya pengalaman pratik yang juga cukup. Skill kamu itu bisa dijual, jadi lah kamu sebagai seorang front end web developer yang tidak diragukan lagi karena didukung portofolio yang meyakinkan. Misal.

Pembohongan Massal = Ketololan Massal

Informasi yang bebas dan gratis ini belum tentu saja benar adanya. Di internet juga ada istilah "dari bibir ke bibir" juga. Misal, lewat blognya, seseorang menulis secara meyakinkan bahwa kiamat akan terjadi tahun 2012 karena adanya tanda seperti ini, seperti itu, dan adanya kitab kuno yang menjelaskan waktu terjadinya kiamat. Kemudian ada orang lain yang membacanya, tertarik, dan di share lah url artikel blog itu di facebook dan twitter, otomatis jumlah orang yang membaca akan bertambah, dan bukan tidak mungkin juga orang yang percaya akan semua hal dalam artikel itu juga akan bertambah. Kemudian ramai lah orang-orang, baik itu di dunia maya maupun di dunia nyata. Ada yang sampai membuat film, bahkan ada yang sampai menggali tanah dalam-dalam untuk membuat bunker perlindungan jika kiamat terjadi. Endingnya, informasi yang masih berupa issue itu menyebar secara massal ke seluruh dunia gara-gara pemberitaan heboh yang dilakukan oleh segala jenis media massa yang ada.

Dan sekarang tahun 2013, saya mengetik postingan ini, kamu membaca postingan ini. Di bumi tentunya.

Pilah dan pilih informasi harus cermat, apalagi semua orang punya kebebasan yang sama untuk menulis hal apapun secara on-line di dunia maya ini. Cek dan ricek dari berbagai sumber yang lebih terpercaya.

Make Your Mind Open Up Wider

Berbagai macam orang dengan berbagai macam karakternya bisa kita temukan juga di dunia maya. Sebagai pengguna internet yang aktif, ada baiknya kita belajar untuk selalu membuat cara berpikir kita lebih terbuka dalam menyikapi segala macam hal, khususnya yang kita temukan di internet. Tidak harus selalu hal yang berkaitan dengan "orang", tetapi juga hal yang berkaitan dengan internet itu sendiri. Ada banyak portal yang menyediakan tulisan-tulisan yang bisa melatih cara berpikir kita agar lebih luas. Saya sering tertarik dengan tulisan-tulisan yang ada di medium.com, memuat tulisan-tulisan tentang ide-ide tentang segala hal dengan cara pandang yang unik dan berbeda. Blowing up my mind.

♦ ♦ ♦ ♦ ♦

Akhir kata, saya juga adalah orang yang beruntung mempunyai akses internet yang bisa diandalkan. Belajar semua hal dari internet, tahu segala hal dari internet, dan kadang tertipu sesuatu hal oleh internet. 


4 comments:

  1. sepakat. kalo ada yang nanya sesuatu , pasti dijawab dulu "udah tanya sama gugel belum? kalo udah dan ga nemu baru tanya saya" - dosen. kadang gondok digituin but thats true haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, kadang Google juga bisa lebih pinter dari Dosen. haha

      Delete
  2. emang seh internet banyak memberi manfaat, tap inget lingkungan sosial juga, jangan terlalu banyak sosial media,keasikan blogging tapi ternyata gak tahu tetangga sebelah lagi sakit. sebgai guru sy emang banyak belajar dan banyak mendapat manfaat dari internet. belajar lebih mudah

    ReplyDelete
  3. emang sih
    apalagi di situs gede yang kadang infonya ngaco :D
    banyak banget sih situs yang melakukan propaganda
    lalu memutarbalikkan fakta :P

    ReplyDelete