BLOG.MAKMALF

Words are breathing

Tuesday, 9 July 2013

Blogger, Joomla vs Wordpress

Dulu, ketika saya sedang mengerjakan proyek website ini, pertama yang saya pertimbangkan adalah pemilihan CMS yang nantinya akan digunakan oleh user/pengelola website ini selanjutnya. Ada dua CMS yang saya pertimbangkan, yang pertama Joomla dan yang kedua adalah Wordpress. FYI, jauh waktu sebelum saya ngulik Wordpress, CMS yang lebih dulu saya ulik adalah Joomla, tapi pada akhirnya, atas saran seorang teman juga, saya malah memutuskan memilih Wordpress sebagai CMS website ini.

Kenapa? (IMHO)

UI Wordpress lebih "ramah" untuk setiap pengguna termasuk pemula


Dibandingkan UI (User Interface) Joomla (saat itu masih versi 2.5 atau berapa -forget, sorry, my bad-), Wordpress terlihat lebih user friendly, specifically, beginners friendly (termasuk saya yang pada waktu itu baru pertama kali mencoba Wordpress). Joomla memiliki struktur menu yang lebih rumit dan bisa jadi, user nantinya akan sulit untuk bisa beradaptasi. UI Wordpress yang lebih baik dan struktur menu yang lebih mudah difahami sehingga memberi UX (User eXperience ) yang lebih baik bagi user. 

Wordpress becomes a "serious" CMS for nerds


Dibalik keramah-tamahan UI Wordpress untuk para pemula. Seiring learning-by-doing sambil ngerjain proyek website itu, saya pun jadi tau ternyata wordpress juga menyimpan fitur-fitur tersembunyi seperti Post Type, Post Format, dan lain sebagainya. (Kunjungi codex.wordpress.org untuk info lebih lanjut.). Hal itu juga menjadi faktor pendukung yang lebih bagi para developer yang ingin menggali Wordpress lebih jauh. 

Karena faktor yang seperti ini juga, membangun sebuah theme wordpress itu seperti kita sedang menambahkan fungsionalitas website-nya juga, bukan hanya front end tapi sampai back end-nya juga! Serius.

Wordpress for multi purposes website


Awalnya, jaman dulu, sama halnya dengan Blogger/Blogspot Wordpress masih terkenal hanya sebagai platform untuk Blogging saja. Entah sejak kapan Wordpress memiliki self hosted version seperti ini. Yang jelas dengan banyak fitur yang dimilikinya (baik yang masih tersembunyi maupun yang nggak), Wordpress udah jadi CMS yang bisa dipakai bukan cuma untuk website blogging saja, tetapi lebih jauh dari itu. 

Dan gegara terlanjur suka sama Wordpress, saya jadi kepikiran untuk blogging pakai Wordpress juga. Bagaimana tidak, fitur-fitur tersembunyi seperti yang saya sebut di atas itu, bisa kita kembangkan dan terapkan untuk blog kita agar lebih dinamis dan mampu "berbahasa" lebih. Tapi, gegara Blogger yang mempunyai fasilitias Google Friend Connect ini, ditambah dengan ratusan followers yang sudah saya miliki  sampai sekarang, akhirnya saya lebih memilih untuk tetap nge-Blog di di Blogger.

Have a long, life Wordpress. Have a long life, Blogger. Grow up better Joomla!

2 comments:

  1. Anythingusearch sudah jadi domain rupanya sahabat saya masih setia dengan blogpspot

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga ini masih pake Blogspot kok. :)

      Barusan banget tadi ganti domain. :D

      Delete