BLOG.MAKMALF

Words are breathing

Friday, 5 July 2013

Praktik Industri (Cerita yang Belum Selesai)

Asap Hitam - Untuk Untung Harus Rugi

Saat ini saya sedang menjalani kuliah praktik industri di PTPN VII Bungamayang, Lampung. Di sini, hari-hari lebih terasa lama, 24 jam terasa tidak secepat ketika saya menjalani rutinitas di Bandung. Mungkin karena cuacanya, aktifitasnya yang itu-itu aja, dan mungkin juga karena saya gak sering kemana-mana lagi setelah pulang kerja. Soalnya, mau kemana juga, Bungamayang masih sepi, sangat sepi, dan kalo saya bilang juga, dia agak terisolasi dari kota-kota "lumayan" besar yang ada di Lampung. Ke Kotabumi aja saya harus melewati jalan tanah berdebu dengan waktu tempuh 2 jam. Well hell, relatively fucked up.

Tapi biarlah, toh saya bisa mendapat pengalaman dan banyak ilmu di sini. Kuliah juga tidak sesuram dulu yang hanya sibuk duduk di bangku kelas bersama dosen, berteori ria. Saya banyak dikenalkan dengan berbagai macam instrument yang dipakai di pabrik sini, mulai dari sistem kerjanya sampai reparasinya kalau kalau ada kerusakan. I have so much fun in this part.

Praktik industri juga ternyata gak melulu tentang aplikasi perkuliahan kita di dunia indsutri. Ada banyak karyawan juga di sini kan, berbagai golongan dan lulusannya pun beragam. Oh ya, lkondisi pabrik yang jauh berbeda dengan lab dan kenyamanan yang dimilikinya. Kita dituntut untuk bisa beradaptasi di lingkungan yang lebih real daripada sekedar cerita-cerita dosen di ruang kuliah atau error-error kecil sewaktu praktikum di lab dan asap dari resistor yang dilewati arus dengan ampere berlebih yang tidak seberapa apabila dibandingkan dengan asap yang keluar dari cerobong pabrik sini. Juga, yang lebih penting, beradaptasi dengan berbagai macam orang dengan logat-nya yang berbeda dari kita. Semua itu tidak kita dapat di ruang kuliah atau bahkan ruang praktikum sekalipun.

Enaknya, ketika ada lawan bicara baru dengan bahasa daerah yang sama, padahal ini bukan kampung kita yang penuh dengan logat bahasa yang berbeda jauh dari kita.

Menerima banyak pelajaran berarti di sini. 

2 comments:

  1. Mal baru sempet mampir lagi nih gue hahaha, ternyata situ masih sibuk sama kuliah juga yak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, biasa lah mahasiswa tingkat akhir. :D

      Delete