BLOG.MAKMALF

Words are breathing

Saturday, 12 October 2013

Merenung dan Menulis. Berbicara dan Bertindak.

Kita menemui beberapa hal yang lebih mudah untuk dibicarakan namun sangat sulit untuk dilakukan. Kasarnya, berbicara lebih mudah daripada bertindak.

Ada beberapa orang juga yang berbicara bahwa harus berfikir dahulu sebelum bertindak. Berfikir bersama, menyusun rencana bersama, jika yang dihadapi adalah persoalan bersama. 

Dalam "penyusunan rencana" tersebut pasti mereka berbicara satu sama lain, mempertimbangkan segala hal, dan menentukan apa saja yang harus dilakukan. Lagi-lagi kita berbicara. Atau sopannya, banyak berbicara terlebih dahulu.

Berbicara itu kebutuhan yang harus dipenuhi sebelum bertindak.

Bukan sekedar pembicaraan kosong yang Saya bicarakan di sini. Saya membicarakan "bicara" yang terlahir sebelum adanya "tindakan."

* * *

Di sini, Saya menulis, setelah Saya merenung. Ada beberapa pembicaraan yang berkelebat di otak saya ketika saya merenung. Saya berbicara dalam hati, berbicara dengan pemahaman yang saya miliki. 

Jika dirasa telah sesuai, kemudian saya menulisnya, bahkan kadang saya menghapus beberapa kata yang baru saja saya tulis ketika otak saya menginterupsi dan berbicara bahwa ini masih dirasa kurang sesuai. 

Tapi dalam bertindak secara nyata, semua tidak semudah itu. 

Tidak ada tombol undo di sana. Salah berbuat tetaplah salah berbuat. 

Merencanakan sesuatu agar berjalan dengan bagus memang lebih mudah daripada ketika kita melaksanakannya. Selalu saja berbenturan dengan segala detail yang ternyata luput dari pembicaraan sebelumnya. Selalu saja ada detail yang kita lupa untuk membicarakannya. 

Dan "berbicara" yang benar pun tidak begitu mudah juga akhirnya. 

4 comments:

  1. Jadi mesti dipikir matang-matang ya sob sebelum bertindak

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia broh, segala sesuatunya harus dipertimbangkan. :)

      Delete
  2. sepakat deh sama kamu..

    nah yang menjadi permasalahan disini, dan terkadang terjadi pada diri sendiri juga adalah ketika kita membicarakan suatu rencana dan pada akhirnya terkesan kita hanya sibuk ber"bicara", lalu pura2 lupa untuk menjalankan rencana.

    pendapat saya pribadi, sebaiknya show do more, talk less. kepp a good mood! hve a nice id adha bro.. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga kita gak termasuk orang yang talk most, do less ya. :D

      Tapi kalo saya sih lebih setuju "Talk more, Do Most" :D

      Delete