BLOG.MAKMALF

Words are breathing

Friday, 7 March 2014

The Lego Movie dan Semangat Kreatifitas Tak Berbatas

Saya ingat waktu pertama kali dibelikan mainan jenis lego ketika SD entah kelas berapa, entah merknya lego atau bukan, yang jelas saya menyebutnya itu mainan "rancang bangun." Bermain mainan ini, awalnya saya hanya mercancang benda atau bangunan yang ada pada manual booknya saja, cara merancangnya pun sudah ada di manual booknya. Hal itu saya lakukan terus menerus sampai bapak saya mencontohkan membuat benda lain. Pada waktu itu bapak saya membuat benda berbentuk asbak. Sejak saat itu, kreatifitas saya dalam memainkan lego mulai terpancing dan bereksperimen untuk membuat bentuk-bentuk baru bahkan yang tak berupa benda atau bangunan apapun, abstrak.

Ya, bermain lego memang sangat mengasah kreatifitas dan daya imajinasi pemainnya. Dan ketika tahu lego semacam ini dibuat untuk bermain peran dalam sebuah film layar lebar, saya pun sangat tertarik untuk melihatnya, menyaksikan sampai sejauh mana lego-lego ini bisa dibentuk dalam merangkai setiap adegan penyusun cerita. Hasilnya sangat memuaskan dan penuh dengan hiburan.

Ditampilkan dengan model animasi 3D, didukung oleh teknologi CGI zaman sekarang, rasanya sangat mungkin sekali untuk membuat adegan seperti apapun dalam sebuah film. Tinggal tingkat kreatifitas dan imajinasinya saja yang menentukan hasilnya.

Gambar-gambar objek bergerak seperti air, debu, dan tanah semuanya disusun dengan lego (versi animasi, tentu saja). Gambarnya indah, kalau saya melihatnya seperti grafik game console Sega yang juga pernah jadi salah satu mainan saya zaman dulu namun dalam versi 3D yang tentu saja lebih indah. Saya kagum dengan semua unsur visualnya.

Dari segi cerita, film ini juga menyampaikan pesan tentang makna dari semangat kreatifitas, dibalut dengan humor dari dialog-dialog cepat para karakternya. Adegan-adegan lucu dan menggemaskan. Juga para pengisi suara yang mampu memberikan emosi lebih lagi kepada setiap karakter yang diperankan. Twistnya bagus dan pintar, tapi juga tidak terlalu memberatkan.

The Lego Movie seakan menegaskan lagi kepada para penontonnya bahwa mainan Lego ini ditujukan untuk mengasah sampai sejauh mana semangat kreatifitas kita dalam merangkai seluruh imajinasi liar dari dalam otak kita yang sedang memainkannya. Semangat kreatifitas yang disampaikan oleh filmnya pun sangat mendalam dan lebih dari sebatas bermain lego. Semangat kreatifitas yang ditelurkan oleh para film maker The Lego Movie ini juga patut untuk diacungi dua jempol.

The Lego Movie, semua sisinya menyampaikan makna dari semangat dalam berkreatifitas, baik itu dari sisi ceritanya maupun sisi lain dari bagaimana film itu dibuat dan dikemas. Great!

Gambar dari sini

1 comment: