BLOG.MAKMALF

Words are breathing

Friday, 20 June 2014

Hey JKT48, Kok Lipsync Terus Sih?


Ini berawal gara-gara saya nonton AMI Awards yang tayang di RCTI malam kemarin. Semuanya lancar-lancar aja sih sampai pada giliran JKT48 tampil, kok bisa-bisanya yah mereka masih lipsync di atas panggung AMI Awards yang seharusnya jadi ajang para musisi menampilkan segenap skillnya dalam bermusik. Kok bisa? Kok bisa yah? KOK BISA?

Ok, agak lebay, tapi menurut saya memang benar kalau kualitas para musisi (berlabel major) di tanah air ini agak meragukan. Beralasan tweet saya yang di atas.

Iya sih iya sebenarnya bukan JKT48 saja yang tiap live perform suka lipsync, masih banyak musisi lainnya yang suka lipsync. Jadi mikir lagi, atas dasar apa mereka layak disebut musisi, toh lagunya juga orang lain yang bikin, plus tiap perform lipsync terus. So, kalau udah begitu masih layak gak sih mereka disebut musisi? Kalau nggak, kok bisa-bisanya masuk nominee di AMI Awards. Atas dasar apa coba? Apakah berdasarkan album studio-nya aja yang bahkan vocalnya juga dimixing dan diedit abis-abisan sama komputer? Ah bullshit.

Btw, saya menulis post seperti ini bukan karena saya ingin merendahkan mereka begitu saja tanpa alasan. Karena sejujurnya, saya sebagai orang yang sudah terbiasa menikmati beragam musik sejak kecil berpendapat bahwa penikmat musik yang datang ke sebuah konser musik itu mengharapkan penampilan langsung dari musisi favoritnya. Mendengarkan secara langsung suara mereka ketika bernyanyi dan suara dari setiap alat musik yang mereka mainkan. Kalau setiap live perform mereka malah nyanyi dengan mic yang di switch off atau main gitar yang gak nyolok ke ampli, lantas apa lagi yang tersisa untuk dinikmati?

1 comment:

  1. setuju banget sama tulisan kamu.. kalo yg lipsync masuk nominasi AMI, berarti emang udah nggak bergengsi lagi tuh ajang. Kalo JKT48 sih, saya emang ngga suka dari awal. hehe

    ReplyDelete