BLOG.MAKMALF

Words are breathing

Monday, 25 August 2014

Wordpress: Mengatasi Gagal dan Redirect ke Halaman 404 pada Saat Update/Publish Post

Kronologisnya, pada saat saya ingin melakukan publish post, saya klik tombol publish seperti biasa, publish post malah gagal dan halaman langsung redirect ke 404. Begitu juga ketika saya ingin melakukan update terhadap post yang terlebih dulu dipublish. Masalah ini terus berulang setiap saya ingin melakukan update/publish post.

Setelah saya cari masalahnya, ternyata terdapat pada Plugin multilingual yang saya gunakan, MqTranslate. Jika plugin ini kita nonaktifkan, akan terlihat penambahan beberapa karakter, sebut saja semacam shortcode semacam ini:

<!--:en-->Text bahasa Inggris<!--:--><!--:id-->Text bahasa Indonesia<!--:-->

Itu berguna untuk memberi tahu sistem bahwa text yang terdapat di antara baris kode ini <!--:en--> ......... <!--:--> adalah text untuk ditampilkan dalam website versi Bahasa Inggris. Entah kenapa, karakter dalam kode tersebut membuat sistem tidak bisa melakukan update/publish post. Karena sebelumnya, saya sering menggunakan plugin ini dan semua tetap berjalan lancar. Baru kali ini saya mengalami hal seperti ini.

Berikut langkah-langkah yang saya lakukan untuk mengatasi error ini:

- Deactivate MqTranslate.

- Masuk ke halaman Posts dan pilih post yang ingin di update.

- Pada kolom judul post, hapus semua karakter yang di awali dengan <!-- dan diakhiri dengan :en--> dan/atau :-->

- Update post berhasil.

- Menghapus MqTranslate dan menggantinya dengan PolyLang.

***

Sekilas tentang PolyLang, plugin ini memiliki sistem pengelolaan konten terpisah menurut versi bahasanya masing-masing. Dengan sistem pengelolaan terpisah seperti ini, maka penggunakan karakter <!--:en--> dan sejenisnya bisa dihindari, update/publish post gagal pun tidak pernah saya alami lagi.


1 comment:

  1. Terima kasih infonya sangat bermanfaat. Polylang nya boleh dicicip nih.

    ReplyDelete