BLOG.MAKMALF

Words are breathing

Friday, 5 September 2014

Hal-Hal yang Sebaiknya Ada dalam Dokumentasi Website yang Anda Berikan Kepada Klien

Setelah pembuatan website selesai, apabila tidak ada di kontrak, tentunya kita tidak ingin jika setiap ada keperluan update konten website harus kita juga yang melakukan. Makanya, keberadaan dokumentasi atau tutorial harus diperhatikan dan dibuat sedetail mungkin agar user yang sekalipun awam bisa menggunakan dan mengelola websitenya dengan baik.

Sebagai pengingat, saya telah menulis beberapa hal yang harus ditambahkan dalam tutorial tersebut dalam Evernote saya. Tidak ada salahnya saya share di sini juga. :)

Website Detail

Di dalamnya berisi ID dan Password Cpanel, admin website, email admin, dan lain-lain. Pokoknya jangan sampai ada yang terlewat.

Pengelolaan Konten Website

Seperti pengaturan menu, publishing dan editing konten, komentar pengunjung, kategori, dan tags, serta slideshow (bila ada). Pengelolaan media seperti gambar, video, dan sebagainya. Dan jangan lupakan juga pengaturan widgets dan halaman-halaman lainnya, seperti halaman kontak dan lain sebagainya.

Editing Tampilan Website

Kalau websitenya menggunakan Wordpress, silakan sediakan tutorial perubahan tampilan dasar yang tersedia di menu theme - appearances saja, seperti mengubah logo, background website, dan palet warna. Tidak perlu memberikan tutorial CSS3 segala, karena kalau itu, cukup kita saja yang tahu. :))

User Management

Seperti cara mengubah password dan ID. Dan menambahkan link akun social media juga kalau ada.

.... dan Sedikit Hal-Hal Teknis

Seperti backup, eksport, dan import konten. Oh ya, menambahkan Plugin juga. Kalau backup dan import database mySQL? Saya rasa sih itu tidak perlu. Terlalu tricky juga kalau harus dilakukan oleh orang awam.

This post has No comments so far:

Post a Comment