BLOG.MAKMALF

Words are breathing

Thursday, 19 March 2015

Antusiasme Berlebih Akan Hal-Hal Sederhana

Apel yang jatuh dari pohonnya, sepintas biasa saja, tapi Newton ternyata memiliki antusiasme berlebih ketika memperhatikan hal itu. Kemudian dia overthinking, hingga muncullah teori gravitasi.

Rasanya, semua orang memang terlahir dan hidup dikelilingi oleh hal-hal yang sebenarnya sederhana. Hal yang sederhana itu kemudian bisa menjadi bermakna rumit ketika cara pandang dan antusiasme mereka ternyata sedang berbeda lebih dari biasanya.

Seperti ketika, melihat tahi lalat seorang teman yang sudah kenal bertahun-tahun lamanya, tapi entah kenapa, sekarang-sekarang menjadi terlihat lebih menarik dan menimbulkan antusiasme berlebih dari biasanya. Atau ketika seperti memperhatikan teman-teman yang juga sudah sejak lama saling bersenang-senang bertukar tawa, kemudian menjadi agak berbeda karena posisi kita yang tidak lagi sama. Posisi kita mengubah cara pandang kita, mengubah rasa antusiasme kita yang awalnya sama sekali tidak ada kemudian menjadi berlebihan sekarang.

Antusiasme berlebih ini membuat seseorang overthinking tanpa acuan yang jelas karena hanya berdasar pada subjektifitas belaka. Antuasisme berlebih macam ini kemudian percuma, karena berbeda dengan yang dimiliki oleh Newton.

4 comments:

  1. overthinking => ketika saya berfikir suatu saat murdok bisa curhat soal mantan2nya. isdet also a part of overthinking?

    ReplyDelete