BLOG.MAKMALF

Words are breathing

Monday, 2 March 2015

"Whiplash" (2014) - Film yang BUKAN Tentang Jazz Apalagi Musik

Semua hal yang dipresentasikan oleh Whiplash memang sangat indah, merdu, namun berdarah-berdarah dan juga tragis disaat bersamaan. Meski, ada banyak lantunan jazz indah mengiringi kedua tokoh utama yang terbelenggu ambisiusme dan idealisme tingkat akut yang mungkin hanya bisa kalian temukan di Whiplash ini, namun, jangan menganggap Whiplash adalah tentang dunia jazz dam musik secara spesial apalagi general.

Ini sama sekali bukan tentang musik


Musik adalah suatu bentuk kesenian (cmiiw), tidak terbentuk dari pola yang sangat standar apalagi mengikat dan mengatur selera sesesorang baik dari sisi penikmat dan pelaku keseniannya sendiri. Sederhana saja seperti itu. Tapi ambisiusme dan idealisme seseorang kadang membuat hal-hal yang sesungguhnya sederhana itu menjadi rumit. Dan ketika ada seseorang yang seperti itu, kita sedang berbicara hal yang sangat jauh dari musik dan kesenian. Tapi, idealisme dan ambisiusme. Juga Whiplash, daripada membicarakan tentang musik, Whiplash ini sesungguhnya berbicara tentang manusia-manusia yang secara sangat ambisius mengejar kepuasan pribadinya dalam suatu bidang, yaitu bermusik. Jadilah jazz dan musik menjadi media layaknya kanvas untuk menuliskan perjalanan ambisiusme dan idealisme mereka.

Jazz dan musik dalam Whiplash ini hanyalah sebagai media


Media untuk menjelaskan bagaimana jika seseorang yang memiliki ambisiusme dan idealisme akut kemudian bertransformasi menjadi seseorang dengan tingkat kemanusiaan yang berkurang. Mengabaikan perasaan orang-orang lain di sekitarnya, saklek, freak, dan memaksakan kehendak pribadinya ke orang lain. Tidak ada unsur kesenian di dalam dirinya, tidak berperasaan, selera bermusik merekapun terlalu terikat dan terstandarisasi secara tinggi oleh pendahulu-pendahulu mereka digenre musik sejenis.

***

Jadi begitulah Whiplash. Bagaimanapun, film ini memang sangat bagus dan membuat kita berpikir kembali tentang arti cita-cita dan pencapaian hidup dalam bidang apapun yang sedang kita tekuni sekarang. :)

Gambar dari sini
Whiplash, one of the best movie of the year. And, don't get the movie wrong, because it is not telling you about what the jazz is or even about what music is.
P.S.

Untuk referensi lain yang membicarakan film ini secara lebih mendalam:
http://www.newyorker.com/culture/richard-brody/whiplash-getting-jazz-right-movies

This post has No comments so far:

Post a Comment