BLOG.MAKMALF

Words are breathing

Wednesday, 8 July 2015

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Oleh Pengguna PayPal

Belum punya PayPal? Daftar di sini.

Untuk keperluan transaksi antar negara ataupun benua, PayPal ini memang bisa diandalkan, fee yang diterapkan PayPal setiap kita melakukan transaksi juga tidak terlalu mahal bahkan ada beberapa kondisi yang tidak menerapkan fee sama sekali. Tetapi sebelum kalian mendaftarkan diri dan menggunakan segala fasilitas yang ditawarkan oleh PayPal ini, ada beberapa poin yang harus diperhatikan, karena jika nggak begitu, bukannya untung, yang ada kita malah rugi kena denda terus. :(


Perhatikan Nama Lengkap Anda 


Ini penting, nama di akun PayPal anda harus sama persis dengan nama akun rekening bank yang nanti akan anda gunakan untuk proses withdrawal (penarikan uang dari PayPal ke rekening bank lokal). Jika tidak begitu, setiap withdrawal yang kita lakukan akan gagal, uang dikembalikan lagi ke akun paypal kita setelah sebelumnya uang di rekening bank lokal kita dikurangi sebesar 50.000 rupiah sebagai denda/biaya untuk keperluan proses returning tersebut. Jadi untuk mengatasi hal seperti itu, adalah sebagai berikut tipsnya:

  • Untuk nama lengkap yang memiliki 2 suku kata, ini tidak begitu masalah. Misal nama anda: Adistyana Pitaloka. Ketika mendaftar di PayPal berarti First name (nama depan) anda: "Adistyana," middle name (nama tengah) kosongkan saja, kemudian last name (nama akhir): "Pitaloka."
  • Untuk nama lengkap yang hanya memiliki 1 suku kata. Ini cukup membingungkan banyak orang. Tapi ternyata cukup mudah. Misal nama lengkap anda: "Adistyana." Isi first name: "Adistyana," dan last name: "." . Jadi nama akun PayPal anda Adistyana . (Ada simbol titik diujungnya). Ini hanya untuk menjembatani syarat dari PayPal yang mengharuskan last name diisi.
  • Untuk nama lengkap yang memiliki 3 suku kata. Misal: "Adistyana Pitaloka Kusmawati." Isi semua kolom dari mulai first name, middle name, sampai last name. Tapi username PayPal anda tidak akan memiliki nama tengah. Acuhkan saja, yang penting first name dan last name sudah sesuai dengan kredensial rekening bank anda.

Jangan Memverifikasi Akun Menggunakan VCC


Pada awalnya verifikasi akun menggunakan VCC akan berhasil, tetapi apabila kemudian waktu pihak PayPal mengetahui akun anda terverifikasi menggunakan VCC, maka akun anda akan langsung dibekukan. Kenapa? Jangan tanya saya. :))

Tidak Punya Kartu Kredit? Tidak Masalah


Selama anda tidak membutuhkan akun anda terverifikasi. Artinya keperluan anda menggunakan PayPal hanya sebatas untuk menerima transferan saja dan menariknya ke rekening bank lokal anda. 

Perhatikan Lagi Nama Lengkap Anda


Saya ulangi lagi, karena ini merupakan poin yang paling penting untuk keperluan withdrawal uang kita nantinya. Kalau nggak sesuai, ya percuma punya uang ratusan dollar di PayPal tapi nggak bisa dicairkan. :)) *Happened to me sadly. :(

Bila Sudah Terlanjur Salah


Silakan hapus bank account di akun PayPal anda, buat akun PayPal baru, tetapi kali ini jangan salah lagi ya. Kirimkan uang di akun PayPal yang lama ke akun PayPal anda yang baru. Semoga berhasil. 

2 comments:

  1. jadi untuk nama yang 1 suku kata tulisannya harus begini (".") atau (".".) gan. buang tanda kurung

    ReplyDelete
  2. Kalau cuma satu suku kata, yang diisi first name nya aja, last name isi dengan tanda titik (.) aja

    ReplyDelete