BLOG.MAKMALF

Words are breathing

Tuesday, 21 July 2015

Tentang Single Baru Flukeminimix: "Chariot and the Warriors of Silence"



Bagi yang belum tau band asal Kota Bandung ini, silakan cari tahu dulu karena namanya sudah tidak asing di Google. :)

Dan bagi kalian yang suka musik Radiohead, Mogwai, dan beberapa lagu tanpa lirik berdurasi panjang ala ala Pink Floyd atau Sigur Ros mungkin akan tertarik juga dengan apa yang ditawarkan oleh band ini. Terlepas dari benar atau tidaknya mereka terinspirasi oleh band-band di atas, satu hal yang saya sukai ketika musik mereka terdengar melalui headphone saya adalah: nuansa.

Musik yang bagus memberikan nuansa tertentu kepada pendengarnya, Chariot and The Warriors of Silence ini juga. Bukan tipikal musik yang begitu mudah masuk ke telinga semua orang memang. Ini tipikal lagu yang semacam: if you like it you must be like it so much, but if you dont, you must be hate it so much. Take it or leave it.

Untuk bisa menikmatinya memang bukan perkara mudah, perlu perangkat audio yang lumayan bagus (dan itu tidak murah), setelah itu, maka semua sound yang coba dihadirkan akan sangat terasa impact yang ingin disampaikannya, semacam nuansa, mood, dan warna-warni tertentu yang jika mata kita terpejam akan terekam terbayang, seperti tidak ada bedanya dengan video klip yang berjalan seiring dengan durasi musik belasan menit, semua terjadi di alam pikiran kita.

Semacam abstraksi visual. Canvasnya adalah alam pikiran kita yang  terbius dengan instrumen-instrumen musik beralun secara up and down.

Chariot and The Warriors of Silence ini terdengar menyeramkan, bergemuruh tetapi terasa sunyi, dan mencekam, seperti artwork-nya yang sunyi tapi dibawah tanahnya, entah, bisa jadi sangat bergemuruh.

2 comments: