BLOG.MAKMALF

Words are breathing

Saturday, 2 April 2016

Pendidikan untuk Investasi

Ketika saya iseng membuka-buka kembali beberapa tumpuk majalah PC-Media yang sempat saya langgan beberapa tahun sejak 2009 sampai akhir 2011, saya terhenti pada sebuah rubrik yang kala itu menjadi salah satu inspirasi saya untuk memilih dan menimba ilmu di jurusan Pendidikan Teknik Elektro UPI.

Sebuah tulisan yang berjudul: "Pendidikan TI bukan Investasi!" Bernaridho Hutabarat adalah penulisnya. Tulisan ini bisa ditemukan di PC-Media terbitan Februari 2010 pada rubrik Viewpoint. Saya sangat suka ketika Bernaridho sendiri adalah seorang penggiat TI, tetapi malah merekomendasikan seseorang untuk masuk Elektro saja. Karena? Lulusan TI telah banyak bersaing dengan alumnus non TI. Karena TI secara praktis, bisa dipelajari secara otodidak. Hal itu yang mengurangi nilai invest-nya.

Dan sekarang 2016. Sudah lumayan usang juga, ketika seorang calon mahasiswa yang kala itu masih belum tahu apa-apa tentang dunia perkuliahan dan dunia sesudah wisudanya. Masih cupu dan nggak tahu bagaimana kerasnya dosen-dosen teknik. Tapi mampu memantapkan hati untuk tetap masuk Pendidikan Teknik Elektro UPI.

Berbekal basic elektro yang tidak ada sama sekali, kebingungan pun melanda pada awal-awal perkuliahan sampai semester 5. Tapi bagusnya, saya memiliki minat yang lebih pada dunia TI, khususnya web development, dan saya mampu belajar secara otodidak. Akhirnya, mulai tahun 2012 saya memantapkan diri saya untuk berfreelance dalam bidang Wordpress Theme Development. Sampai sekarang. Freelancing saya sudah mencapai belahan globe lainnya. Beberapa project bule dari Prancis, Kanada, Amerika, Inggris sampai Zimbabwe, sudah saya kerjakan. Alhamdulillah. Mereka tidak tahu bahwa saya hanyalah seorang yang tidak mempunyai background sama sekali di bidang Teknik Informatika. :)

Akhirnya, tepat Desember 2015 kemarin saya berhasil wisuda. Meskipun lumayan telat, karena sudah banyak teman-teman seangkatan yang sudah wisuda dari 2014. Tapi tidak apa, karena ketika Februari 2016 datang, langsung menyambut saya untuk memasuki dunia pekerjaan menjadi seorang guru honorer di SMKN 1 Talaga jurusan Otomotif. 

Ya, saya nggak typo, Bukan TKJ, RPL, ataupun Elektro, tetapi OTOMOTIF. Di otomotif saya mengajar kelistrikan dan gambar teknik yang tentu saja materi dari kedua mata pelajaran itu adalah salah sebagian yang dipelajari di waktu saya kuliah dulu.

Pendidikan Teknik Elektro. It is the real investment, isn't it? :)

This post has No comments so far:

Post a Comment